Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Kesehatan

Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Wortel adalah salah satu jenis tumbuhan budidaya yang umbinya digunakan sebagai bahan makanan. Di Indonesia khususnya, wortel umumnya disajikan sebagai masakan, jus, ataupun dikonsumsi secara mentah. Selain terkenal dengan rasanya yang lezat, manfaat wortel untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan juga sangat terkenal. Terutama sebagai obat dari penyakit yang berkaitan dengan kekurangan vitamin A, seperti sakit mata dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Wortel :

Wortel merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam umbinya sangatlah beragam di antaranya adalah; vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan juga sodium. Tapi yang paling mendominasi adalah kandungan vitamin A. Oleh karena itu, tidak heran jika manfaat wortel untuk kesehatan mata sangat populer dan bahkan dijadikan lagu kanak-kanak.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan :

Meskipun wortel kaya akan manfaat, namun sayangnya tidak semua orang mengetahui apa saja khasiat wortel bagi kesehatan tubuh. Umumnya, masyarakat hanya mengetahui bahwa wortel bagus untuk kesehatan mata dan tidak ada yang lainnya. Oleh karena itu, demi memberikan informasi dan pemahaman baru kepada kalangan awam, di bawah ini adalah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan yang mungkin berguna untuk Anda.

1. Kesehatan Mata

Umbi wortel sangat kaya akan kandungan vitamin A, yang merupakan sebuah zat atau gizi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Meskipun tidak memiliki kemampuan until menyembuhkan mata dari kebutaan, tapi dengan mengkonsumsi wortel secara teratur maka bisa meningkatkan kesehatan mata yang terganggu akibat kekurangan suplai vitamin A. Tidak hanya itu, wortel juga memiliki sifat sebagai antioksidan yang mampu mencegah terjadinya penyakit degenerasi makula dan katarak yang kebanyakan dialami oleh para lansia.

2. Mencegah Kanker

Mungkin belum banyak yang mengetahui jika salah satu manfaat wortel yang menakjubkan adalah dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker. Sebuah riset yang dilakukan di State University New York oleh Marilyn Menkes, Ph.D membuktikan, bahwa orang yang berpotensi terserang kanker adalah orang yang memiliki kadar betakaroten rendah di dalam tubuhnya.

Namun dengan mengkonsumsi wortel, hal tersebut dapat diatasi karena wortel mengandung betakaroten yang tinggi. Sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh pasien terdiagnosis kanker. Selain itu, antioksidan di dalam wortel juga dapat mencegah terbentuknya kanker usus dan kanker payudara.

Untuk bisa meningkatkan kadar betakaroten di dalam wortel, maka Anda harus memasak umbi wortel tersebut. Hal ini dilakukan untuk melepaskan senyawa tersebut. Dengan dimasak, maka kadar betakaroten akan naik hingga lima kali lipat.

3. Mengatasi Kolesterol

Manfaat wortel yang lainnya adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Riset ilmiah menyebutkan bahwa kandungan kalsium yang ada di dalam umbi wortel dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin A yang ada di dalamnya juga bisa mencegah resiko terserang stroke pada seseorang. Oleh karena itu, bagi Anda yang selama ini bergelut dengan penyakit kolesterol dan stroke, ada baiknya mulai mengkonsumsi wortel secara teratur.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Mungkin Anda belum pernah mendengar tentang manfaat wortel yang satu ini. Tapi riset menunjukan bahwa mengkonsumsi wortel secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas.

Post Comment