Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Putih
Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bawang-bawangan yang sering digunakan sebagai bumbu untuk olahan makanan misalnya sayuran. Banyak orang yang menggunakan bawang putih karena baunya yang tajam dan membekas tapi enak rasanya. Ternyata selain enak rasanya, jenis bawang ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Bahkan orang-orang di zaman dahulu sering menggunakan bawang sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Karena bahan memasak yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Walaupun kebanyakan orang ragu memakannya secara langsung karena rasanya yang agak getir atau terasa aneh di lidah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bawang Putih :

Bawang putih mengandung banyak zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh diantaranya yaitu energi, karbohidrat, magnesium, zat besi, vitamin B6, kalsium, fosfor, folat, vitamin C, selenium, mangan, sodium, kalium, beta karoten dan masih banyak lagi. Selain itu bawang juga mengandung zat alicin dan zat aktif alliin dan keduanya dapat menunjang kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan :

1. Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Jenis bawang-bawangan ini mampu menurunkan kadar trigliserida serta kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Bawang juga mengandung kandungan yang kompleks seperti alicin yang gunanya untuk mencegah kadar gula dalam darah agar tidak meningkat. Maka bawang putih cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

2. Mencegah penyakit kanker

Kanker adalah penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia karena selnya yang mudah sekali menyebar ke seluruh tubuh. Bawang putih mengandung bahan organosulfida yang fungsinya adalah membantu hati dalam menghasilkan zat kimia yang dapat mencegah penyakit kanker usus dan kanker perut.

3. Mengatasi penyakit anemia

Kandungan yang terdapat pada bawang seperti vitamin C, vitamin B1, dan zat besi mampu mengurangi penurunan tekanan darah yang bisa berlangsung terus menerus atau kambuhan pada penderita anemia.

4. Mengurangi penyakit rematik

Jika anda memiliki masalah dengan persendian dan otot atau lebih kita kenal dengan istilah penyakit reumatik, maka anda cukup mengkonsumsi bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang mengandung natrium dan juga zink yang fungsinya penting untuk daerah sekitar syarat, otot, serta persendian.

5. Melancarkan pencernaan

Masalah di seputar perut atau pencernaan biasanya perut kembung dan nyeri, masalah ini bisa anda atasi dengan bawang putih. Karena kandungan allicin yang ada pada jenis bawang-bawangan ini bisa meredakan perut yang telah menghasilkan enzim yang membuat perut anda kembung dan terasa nyeri.

6. Mengobati sakit pernafasan

Di daerah Yunani sana bawang putih dipercaya dapat meredakan sakit pada pernafasan khususnya penyakit asma dan bronkhitis. Karena kandungan allicin yang terdapat pada bawang tersebut mampu meredakan radang atau sakit pada bagian paru-paru. Bau yang tajam juga memberi sensasi pada indera penciuman.

7. Merangsang sel saraf

Bawang putih mengandung senyawa bernama saltivine yang bekerja dalam merancang susunan sel saraf dalam tubuh agar dapat bekerja dengan baik setiap saat. Bagi anda yang memiliki masalah atau gangguan pada sel saraf tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi bawang putih.

8. Sebagai sumber stamina

Manusia bisa mengalami kelelahan, dan untuk mengembalikan energi yang hilang anda bisa menggunakan bawang putih. Selain itu, bawang juga bisa menjadi penguat stamina secara alami karena kandungan protein yang ada di dalamnya lah yang membuat bawang menjadi sumber stamina di dalam tubuh.

9. Mengurangi kadar kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam tubuh dapat diredakan oleh bahan masakan ini, aliin dan acillin yang ada pada bawang putih ini yang membuat kadar kolesterol kembali normal. Jumlah kolesterol di dalam tubuh tidak boleh melonjak tinggi karena bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit lain misalnya jantung dan tekanan darah tinggi.

10. Mencegah dan menyembuhkan penyakit flu

Jika anda terserang flu sebaiknya konsumsi bawang putih secara rutin, karena terdapat kandungan zat di dalamnya berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur dan juga anti virus. Maka tubuh anda akan kembali fit dan penyakit flu pun hilang dari tubuh anda.

Post Comment