Mengenal Penyakit Jantung Koroner
Kesehatan

Mengenal Penyakit Jantung Koroner

Jantung merupakan organ paling penting bagi tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, jika terjadi gangguan pada jantung tentunya akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi seluruh komponen organ tubuh. Oleh karena itu, jika memiliki keluhan mengenai jantung khususnya jantung koroner, maka sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke spesialis.

Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan resiko yang lebih besar terhadap kesehatan Anda. Sakit jantung atau yang di dalam dunia medis lebih dikenal dengan sebutan jantung koroner merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia. Dan kabar buruknya adalah, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menduduki peringkat tertinggi dengan 45% kematian disebabkan oleh penyakit jantung.

Jantung koroner sendiri merupakan sebuah kondisi dimana pembuluh darah yang berperan sebagai penyuplai darah ke organ jantung mengalami gangguan atau kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya tumpukan plak dan lemak pada dinding pembuluh sehingga menyumbat proses mengalirnya darah.

Umumnya, gejala awal yang dirasakan penderita adalah berupa rasa sesak dan nyeri di bagian dada. Jika tidak segera diatasi, maka penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Penyebab Jantung Koroner :

Penyebab seseorang terserang jantung koroner ada bermacam-macam. Salah satunya adalah aterosklerosis atau penumpukan lemak di dalam pembuluh arteri. Kondisi ini dapat menghambat suplai darah menuju jantung dan bahkan bisa mengakibatkan terjadinya pembekuan darah.

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner. Misalnya saja kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food dan makanan berlemak lainnya, tapi tidak dibarengi dengan olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Dalam kasus lain, kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa menjadi penyebab seseorang terserang penyakit jantung. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki masalah dengan berat badan berlebihan beresiko mengidap hipertensi dan kadar LDL tinggi. Kondisi ini membuat penderita obesitas berpotensi terkena diabetes mellitus atau diabetes tipe 2. Dengan kata lain, memiliki resiko tinggi terserang penyakit jantung koroner.

Namun, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jadi, jika Anda mendapati diri terdiagnosis penyakit jantung. Maka coba untuk memeriksa riwayat kesehatan keluarga Anda. Jika salah satu anggota keluarga ada yang menderita sakit jantung, maka tidak heran jika sekarang Anda didiagnosis menderita gejala penyakit jantung.

Cara Mencegah Jantung Koroner :

Meskipun termasuk ke dalam golongan penyakit kronis yang mematikan, namun bukan berarti penyakit jantung koroner ini tidak dapat dicegah. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghalau datangnya penyakit ini. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat seperti mengurangi konsumsi alkohol, rajin berolahraga dan dibarengi dengan pola makan yang sehat pula.

Karena penyakit jantung juga bisa muncul akibat kebiasaan tidak baik seperti merokok. Maka untuk menghindarinya, Anda juga dituntut untuk berhenti merokok. Mungkin akan terasa sulit pada awalnya, tapi bayangkanlah bahwa akan lebih sulit lagi hidup Anda jika sudah terdiagnosis mengidap penyakit jantung.

Selain itu, untuk mencegah terserang jantung koroner, Anda juga harus lebih perhatian terhadap darah tinggi. Karena orang yang mengidap hipertensi sangat rawan terkena penyakit jantung. Dan juga, usahakan untuk menjaga kadar glukosa Anda tetap berada di angka yang stabil.

Yang terakhir adalah dengan menghindari makanan berlemak supaya kadar kolesterol Anda tetap normal. Jika Anda bisa menerapkan kebiasaan hidup sehat di atas, maka Anda sudah melakukan satu langkah pencegahan terhadap datangnya penyakit berbahaya ini.

Post Comment