Cara Tepat Dan Benar Mengobati Demam
Kesehatan

Cara Tepat Dan Benar Mengobati Demam

Demam merupakan respon alami dalam tubuh kita ketika terserang virus dengan cara membatasi kemampuan virus bereproduksi. Demam juga dapat membantu toksin untuk merangsang sistem kekebalan tubuh kita. Maka dari itu demam merupakan metode tubuh yang efektif untuk memulihkan diri dari serangan virus.

Demam sendiri boleh diobati jka tubuh sudah sangat lemah dan tidak dapat mengatasi infeksi atau suhu yang ada ditubuh anda sudah terlalu tinggi dan mengkhawatirkan. Meski beberapa kasus demam dapat ditangani sendiri namun jika gejalanya sudah mengkhawatirkan anda harus segera menghubungi pihak medis atau pihak gawat drurat untuk mengatasi demam yang sedang terjadi. Ciri – ciri demam yang sudah mengkhawatirkan adalah bibir membiru, lidah berwarna putih, sulit bernapas, dehidrasi dan kejang – kejang.

Lalu bagaimana cara mengatasi demam ?

1. Minum Sebanyak – Banyaknya

Jika anda mengalami demam maka diusahakan meminum air putih sedikitnya 250ml per 2 jam sekali. Sebab ketika demam tubuh mudah sekali kehilangan kelembabab alaminya dan mudah dehidrasi. Beberapa alasan yang masuk akal yang bisa membuat tubuh dehidrasi ketika demam diantaranya ialah adanya flu dan pilek. Dua penyebab ini seringkali dikaitkan dengan indikator demam. Adanya dehidrasi juga seringkali memicu kram, kejang dan pusing pada tubuh.

Lalu bagaimana cara mengatasi demam pada tubuh dengan minum air sebanyak – banyaknya ?

– Orang dewasa oleh organisasi kesehatan dunia dianjurkan minum sedikitnya 2 liter per hari. Anda juga boleh meminum – minuman yang memiliki kandungan kafein namun perlu digaris bawahi kandungan kafeinnya hanya dalam jumlah sedang saja. Namun pastikan jika kafein yang anda minum itu bukan satu – satunya sumber cairan yang anda konsumsi. Penuhi pasokan kebutuhan harian anda dengan air putih.

– Anda dapat meminum minuman stamina olahraga untuk menghilangkan dehidrasi namun tetap waspada meski minuman ini memiliki kandungan elektrolit minuman olahraga biasanya juga memiliki kandungan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Maka langkah terbaiknya anda dapat mengecek secara pasti komposisi minuman elektrolit secara detail sebelum meminumnya.

2. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Jika anda mengalami demam maka gunakan baju yang nyaman dan longgar supaya tubuh menjadi lebih rileks demi meningkatkan sirkulasi udara supaya tubuh anda tetap terasa sejuk. Lalu lepaskan selimut atau lapisan pakaian yang bisa menyerap hawa panas dan mempercepat turunnya demam. Anda dapat mencoba menggunakan satu pakaian tipis beserta selimut tipis.

3. Turunkan Suhu Kamar Ketika Menggunakan AC atau Penghangat Ruangan

Suhu yang tinggi dapat memperpanjang terjadinya demam dan bisa membuat keringat berkucuran secara berlebih yang bisa menyebabkan dehidrasi. Suhu kamar yang ideal terutama untuk seseorang yang terserang demam ialah 22 – 25 derajat celcius. Jika anda merasa kamar pengap maka anda dapat menggunakan kipas angin.

4. Banyak Beristirahat

Anda dapat melakukan istirahat yang cukup supaya tubuh pulih dengan cepat sehingga tubuh akan memperkuat sistem kekebalan secara otomatis. Ketika demam berlangsung usahakan jangan melakukan banyak aktivitas. Jika memungkinkan anda dapat mengambil izin cuti kerja untuk beristirahat dan memulihkan badan.

5. Minum Obat

Jika demam sudah tinggi dan menyebabkan rasa tidak nyaman secara serius maka anda dapat meminum obat penurun demam. Ada beberapa jenis obat yang dipercaya dapat menurunkan demam yang dijual di apotik –apotik seperti paracetamol atau sanmol. Minum beberapa obat ini sesuai dengan resep yang tertera pada kemasan obat tersebut.

Demikian artikel berjudul cara mengobti demam dirumah ini, semoga bermanfaat.

Post Comment