Cara Restart HP Samsung Dengan Mudah
Android

Cara Restart HP Samsung Dengan Mudah

Hp Samsung merupakan smartphone berkualitas tinggi. Banyak orang yang menyukai hp produksi dari Samsung sebagai pabrikan terkenal dari Korea Selatan. Bukan saja tampilannya yang keren abis, tapi fitur-fitur di dalam perangkat telekomunikasi tersebut juga sangat mumpuni berteknologi canggih,

Terbayang nggak sih jika suatu saat hp Samsung kesayangan kita akan mengalami masalah? Misalnya terjadi hang, yaitu kejadian dimana hp tidak bisa beroperasi dengan semestinya (berhenti menjalankan aplikasi) ataupun kita salah dalam memasukkan pola sebagai kunci layar home. Nah, jika sudah begitu keadaannya tentu saja akan di buat panik dan yang terlintas di pikiran adalah segera untuk membawa smartphone tersebut ke konter sebagai bengkel hp.

Sebenarnya ada cara gampang untuk mengatasi permasalahan hp seperti di atas tadi. Hal yang perlu di lakukan adalah dengan merestart perangkat sehingga nanti akan kembali ke pengaturan awal. Tapi sayangnya dengan melakukan restart ini semua data dan file terdownload akan hilang.

Cara restart hp Samsung dengan benar

A. Restart Melalui Menu Pengaturan HP.

  1. Melakukan backup data terlebih dahulu sebelum restart dilakukan, hal ini untuk menjaga bilamana menemui kegagalan dalam recovery data.
  2. Untuk hp yang masih hidup, Anda bisa langsung masuk ke menu pengaturan hp.
  3. Scroll ke bawah, menggunakan tobol volume bawah, cari menu backup dan reset.
  4. Pilih tap Factory data reset.
  5. Centang pada pilihan, di lanjutkan dengan tap reset device.
  6. Tunggu proses resetnya sampai selesai, sekitar 5 menit sampai muncul nyala di layar home.
  7. Hp akan restart sendiri setelah proses pembersihan data selesai, setelah itu hp akan kembali normal pada pengaturan pabrik.
  8. Restart dengan cara Recovery Mode.

Bila hp sudah tidak bisa untuk mengakses aplikasi, maka kita harus masuk ke recovery mode dengan phonsel dalam keadaan mati.

  1. Pastikan baterai hp dalam kondisi penuh atau minimal daya masih 70%.
  2. Tekan dan tahan tombol volume up + home + power bersamaan dalam beberapa detik.
  3. Gunakan volume up untuk memilih menu “Factory reset/Wipe data”, lalu tekan tombol home atau tombol on/off untuk memulai reset data.
  4. Tunggu hingga proses restart selesai.
  5. Pilih menu reboot system now, biarkan dan tunggu sampai hp kembali menyala.

Merestart hp yang mengalami hang (tidak bisa menjalankan aplikasi) maupun lupa akan pola sandi terkadang membuat kita bingung apa yang harus di lakukan pada phonsel itu. Bagi orang yang sudah tahu cara restart hp tentunya akan sangat mudah untuk melakuakan recovery data, tapi bagi orang yang awam dengan teknologi semacam ini pastinya akan kelimpungan saat mendapati perangkat telekomunikasinya nggak bisa berjalan dengan semestinya. Melakukan restart hp bisa di lakukan kapan saja dan tidak harus menunggu phonsel mengalami masalah seperti tadi di atas. Tapi dengan restart hp secara berkala akan sangat bagus, sebab phonsel akan mengalami pembersihan secara tuntas untuk tembolok maupun data-data yang tidak berguna lagi sehingga kinerja smartphone terasa ringan.Perlu di ketahui juga bahwa cara restart hp Samsung antara seri a dan seri b mungkin tidaklah sama, oleh sebab itu lakukan restart dengan benar dan hal ini dapat di pelajari terlebih dahulu di banyak website yang share trik seperti tersebut di atas.

Melakukan restart hp secara berkala minimum 3 bulan sekali akan mempunyai manfaat yang baik, sebab hp kembali normal pada pengaturan awal dari pabrik dan dapat melenyapkan tembolok yang menumpuk, seperti data history aplikasi dan yang lainnya di smartphone.

Post Comment