Cara Menulis Tanpa Mengedit Ulang
Blog Keterampilan

Cara Menulis Tanpa Mengedit Ulang

Menjadi seorang blogger memang dituntut untuk membuat artikel yang nantinya akan selesai dengan cepat. Maka tidak jarang ada yang menulis artikel seperti berlari saking cepatnya mengetik kata demi kata. Menulis artikel secara cepat tanpa mengeditnya memang butuh latihan. Karena anda perlu mempelajari bagaimana tulisan tersebut di ketik dengan benar dan mengalir lancar.

Ketika anda menulis artikel lebih baik anda mengumpulkan informasi artikel secara lengkap dan setelah itu tulis dengan cepat dan jangan sampai ada yang typo dan hindarilah menekan tombol backspace ketika typo dan lanjutlah menulis artikel hingga selesai.

Memang pada awalnya saya yakin anda menulis artikel dengan cara membaca ulang artikel yang anda buat dan menghapus kembali kesalahan kata yang di ketik, namun cara yang seperti ini menurut saya kurang efektif bagi anda ketika menuangkan sebuah ide dalam bentuk artikel.

Nah saat ini saya mengajarkan anada untuk menulis artikel tanpa menekan tombol backspace ketika ada typo dan terus menulis hingga selesai. Terus tulis saja apa yang ada di otak anda dan biarkan seperti air yang mengalir. Agar kreatifitas anda meningkat biasakan diri anda untuk menulis terlebih dahulu kemudian tuangkanlah ide anda kedalam tulisan.  Maka dengan cara seperti ini saya yakin anda dapat membuat artikel secara cepat hingga 10 artikel perharinya.

Maka intinya ialah :
  1. Jangan tekan tombol backspace

Ketika anda salah jangan tekan backspace dan jangan perbaki kata yang salah, buang kebiasaan menekan tombol backspace karena ini adalah awal agar anda bisa menulis tanpa harus mengedit ulang.

  1. Tulis semua ide yang ada di kepala anda

Tulislah ide yang muncul di kepala anda yang terkait dengan topik apapun yang anda tulis. Janganlah anda pedulikan yang anda tulis saat itu benara atau tidak. Dan jangan pula anda pikirkan pendahuluan apa yang benar dan baik. Jangan anda hiraukan kohorensi paragraf – paragraf yang anda buat. Intinya terus saja tulis semua ide yang muncul di kepala hingga habis jumlah kata yang akan anda capai.

  1. Mengetik 10 Jari

Anda dapat mengetik dengan menggunakan 10 jari agar artikel yang anda tulis semakin cepat selesai. Maka saya rasa anda perlu belajar mengetik 10 jari. Beberapa survei mengatakan jika mengetik 10 jari dapat menghasilakan 90 kata permenitnya.

  1. Sering membaca refrensi artikel

Anda harus sering membaca refrensi artikel dengan topik –topik yang akan anda tulis nantinya. Maka dengan sering membaca maka saya rasa anda akan mudah mendapatkan kata dan mudah juga untuk mengembangkan dari kata ke katanya. Sehingga ketika anda menulis cepat nantinya kata – kata yang anda tulis saling berkesinambungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Menulis meruapakan kegiatan otak kanan  serta otak kiri yang erat kaitannya dengan logika atau kretivitas yang ada. Maka dengan kata yang lain biarkanlah diri anda berkreatifitas tanpa menggunakan logika dan menulis sebanyak mungkin yang anda bisa tanpa adanya belengguan EYD atau aturan yang sejenis. Maka setelah menulis baru anda dapat mengeditnya kembali ( tahap review ini menggunakan otak kiri )

Semoga dengan tips yang saya berikan ini anda dapat aktif menulis dan mampu menerbitkan artikel dengan cepat tanpa mengedit setiap hari dan rutin.  Rajinlah untuk berlatih setiap harinya secara konsisten serta rajin untuk mengeksplorasi bacaan jurnal ilmiah yang memiliki bahasa Indonesia dan Inggris. Terimakasih telah membaca artikel saya, dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak.

Post Comment