Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak
Gaya Hidup Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

Anak memang rentan sekali terserang penyakit di banding para orang tua. Salah satu penyebab yang terjadi disini ialah kurangnya pemahaman yang ada pada anak terkait masalah menjaga kesehatan. Contohnya saja seorang anak balita yang nyaman untuk bermain dengan temn – temannya yang sakit. Anak memakan makanan ringan atau chiki meski ia batuk dan tidak sehat. Nah dengan contoh di atas sebagai orang tua anda perlu menjaga kesehatan buah hati agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk menjaga kesehatan anak tidaklah susah jika anda mengetahuinya atau di banding merawat anak saat ia sakit. Maka untuk mencegah ia sakit anda khususnya para ibu harus menerapkan pola hidup sehat. Apa saja pola – pola itu ?

  1. Menjaga pola makan

Dengan menjaga pola makan yang baik, maka si anak tidak akan memakan – makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuhnya. Anda juga harus memberi asupan makan yang memiliki kandungan gizinya banyak.

  1. Biasakan si kecil makan buah

Hampir semua jenis buah di sana memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan baik untuk anak – anak. Buah – buahan yang anda beli tidak harus mahal, namun saya sarankan untuk membeli buah yang segar tanpa ada bahan pestisida. Pisang, jeruk dan apel merupakan buah yang baik untuk si buah hati. Jika anak anda tidak menyukai konsumsi buah secara langsung maka anda dapat mengolahnya terlebih dahulu sebagai bentuk jus. Jika anda tidak memiliki alat untuk membuat jus maka anda dapat mengakalinya dengan cara di parut dan ambil sari buahnya saja.

  1. Istirahat yang cukup

Seorang anak harusnya memiliki jam istirahat yang cukup terutama untuk tidur malam dan siang. Biasakan anak anda untuk melakukan tidus siang minimal 1 jam dan tidur di malam hari sebanyak 8 jam istirahat. Dengan melakukan istirahat yang cukup maka tubuh anak anda akan melakukan perbaikan sel dan melawan gangguan penyakit yang nantinya akan hinggap dalam tubuhnya. Sebab jika anak anda kurang tidur ia akan mudah terserang penyakit dan mudah untuk jatuh sakit.

  1. Konsumsi madu

Madu memang memiliki khasiat yang tinggi dan sudah terbukti sejak lama untuk menjaga kesehatan. Anda dapat memberi madu secara rutin kepada anak agar ia tumbuh sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.

  1. Bersihkan kamar anak anda

Anda harus membersihkan kamar anak anda secara periodik dan rutin. Gantilah sprei dan juga sarung bantal minimal seminggu sekali dan juga bersihkan kamarnya dengan baik. Anda dapat membuang benda yang tidak berguna dari kamar anak anda, lalu sapu lantainya setiap hari dan pel dengan baik lantai minimal 2 kali dalam seminggu. Dengan begini kamar anak anda akan bersih dan juga nyaman untuk dihuni.

  1. Buat anak senang

Ketika anda terus mengurung ia di rumah saya yakin ia akan cepat bosan sekalipun anda menyediakan game dan makanan kesukaannya. Ajak si kecil untuk berjalan – jalan mengitari komplek rumah anda agar hatinya senang. Untuk membuatnya senang tidak harus mengeluarkan banyak uang atau biaya yang mahal. Ajak saja anak anda naik motor keliling komplek atau naik kereta mini keliling komplek perumahan, hal sederhana ini sudah membuat anak anda senang dan berbunga – bunga. Pikiran yang positif dan bahagia ini akan mengantar anak untuk tumbuh lebih sehat secara tidak sengaja.

Demikian artikel yang membahas tentang cara menjaga kesehatan tubuh anak, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

One Comment

Post Comment