Cara Menjaga ASI agar Sehat untuk Balita
Kesehatan

Cara Menjaga ASI agar Sehat untuk Balita

Bagaimana cara menjaga asi agar sehat untuk balita? Pertanyaan umum ini selalu muncul lagi dan lagi dari para ibu muda. Para wanita yang baru saja melahirkan atau memiliki anak pertama kerap dilanda rasa risau berkepanjangan. Bagaimana kalau kualitas asi mereka tak bagus untuk pertumbuhan bayi? Bagaimana kalau kuantitasnya tak mencukupi kebutuhan buah hati mereka? Semua pertanyaan ini sebenarnya memiliki jawaban yang sederhana.

Ibu cukup fokus pada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya, otomatis akan dirasakan pula oleh buah hati. Selain itu, ada beberapa cara memang yang diketahui bisa meningkatkan kualitas serta kuantitas atau jumlah asi, yakni:

6 Tips Cara Menjaga ASI agar Sehat untuk Balita

• Menyusui secara bergantian

Kita mungkin seringkali lupa bahwa anak butuh asupan asi dari kedua payudara, bukan salah satunya saja. Sebagian bayi cenderung memiliki nafsu menyusui yang tinggi, tetapi produksi satu payudara tak mencukupi. Guna menyiasatinya, cobalah menyusui secara bergantian antara payudara kanan dan kiri. Dengan begini, ibu tak hanya merangsang produksi asi tambah banyak, tetapi juga kualitasnya juga bertambah baik. Ukuran payudara terlihat lebih ideal dan seimbang atau tidak besar sebelah.

• Mengkonsumsi buah kurma

Bukan hanya mereka yang berpuasa, ibu hamilpun sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kurma. Pasalnya buah kurma kaya akan protein dan energi yang bisa menjadi asupan sehat bagi tubuh ibu menyusui. Hal ini sudah dipercaya oleh banyak orang, termasuk segelintir wanita di belahan bumi lain. Tak aneh jika belakangan inipun beberapa produsen susu ibu hamil dan menyusui menambahkan ekstrak kurma ke dalam produk mereka.

• Konsumsi sumber gizi seimbang

Jangan membiasakan mengkonsumsi makanan cepat saji, bila anda masih bisa mendapatkan makanan bergizi seimbang. Selama masa menyusui, hindari makanan yang bergizi rendah, sebab ini berpengaruh pada tumbuh kembang buah hati. Selama anda mengkonsumsi makanan sehat, kaya nutrisi dan mineral, maka buah hati juga akan menikmatinya. Tubuh mereka akan memberi respon dengan kenaikan berat tubuh yang baik, serta peningkatan beberapa kemampuan.

• Perbanyak minum air putih

Jika anda diberikan pilihan untuk mengkonsumsi beberapa jenis minuman dalam satu waktu, sebaiknya pilih air putih. Dibandingkan dengan soft drink, kopi, dan alkohol, minuman ini tidak berpengaruh besar pada kandungan gizi. Tetapi kualitas asi dapat terlihat membaik, terlihat dari warna asi yang diproduksi. Normalnya warna asi yang berkualitas adalah kuning kental, sedangkan warna bening menandakan kandungan asi yang kurang baik.

• Olahraga rutin

Kesibukan mengurus dan merawat bayi seringkali membuat ibu lupa untuk berolahraga. Padahal olahraga bisa meningkatkan hormon endorfin yang membuat para ibu merasa bahagia. Anda tentu pernah melihat bayi rewel karena terpengaruh kondisi emosi sang ibu bukan? Oleh karena itu, hindari galau atau sedih yang berlarut selama masa menyusui, agar produksi asi tetap lancar. Alihkan galau dan sedih pada olahraga yang mampu meningkatkan produksi asi dan menyehatkan tubuh.

• Cukup istirahat

Bulan pertama usai melahirkan memang sulit mengatur waktu tidur hingga terasa mencukupi. Tapi bukan berarti para ibu tak bisa beristirahat dengan nyenyak, terutama saat buah hati juga tertidur. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk anda meningkatkan produksi asi buat bayi, jangan terlalu memaksakan diri. Bila perlu kesampingkan aktivitas rumah lainnya dan minta pasangan untuk mengerti. Kerjasama antara ibu dan ayah untuk cara menjaga asi agar sehat untuk balita mengambil peran sangat penting

Post Comment