Cara Mengusir Tikus di Rumah
Keterampilan

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Banyak orang yang pusing ketika ingin mengusir tikus dari rumah karena hewan pengerat ini memang terkadang meresahkan dengan mencuri makanan. Selain itu, sebagian orang juga merasa jijik jika melihat hewan yang satu ini dan berusaha agar bisa mengeluarkannya dari rumah dengan berbagai cara.

Populasi hewan tikus memang tergolong tinggi dan pertumbuhannya juga cepat. Selain itu, biasanya hewan ini lebih suka hidup bergerombol sehingga banyak orang merasa terganggu jika melihat atau mendengar hewan ini.Beberapa Cara Mengusir Tikus dari Rumah

1. Jebakan Tikus

Banyak sekali toko-toko di pasar dan di pinggir jalan yang menjual alat perangkap kandang tikus dan cara ini memang lebih halus karena tidak melukai hewan ini. Proses menggunakan alat ini dengan cara meletakkan makanan di dalam kandang dan ketika tikus mengambil makanan tersebut, maka kandang akan terkunci. Selanjutnya tikus bisa dibuang ke sawah atau tempat lainnya yang jauh dari rumah.

2. Memelihara Kucing

Kucing memang musuh besar bagi tikus dan tikus tentunya akan lari terbirit-birit menjauh. Namun, pada kondisi aman, ia akan muncul kembali. Sebaliknya, jika kucing melihat tikus maka akan dikejar terus sampai dapat, tidak mau menyerah jika masih ada kesemptan untuk mengejarnya sampai kemanapun.

Indera penciuman kucing juga sangat tajam, jika mencium bau tikus maka akan segera bersembunyi dan menunggu tikus keluar untuk segera menyergapnya sebagai santapan yang lezat.

3. Kapur Barus

Kapur barus merupakan bahan pewangi untuk pakaian yang biasa diletakkan dalam lemari sebagai pengusir hewan-hewan kecil. Ternyata, kapur barus juga bisa dijadikan alternatif untuk mengusir tikus karena aromanya yang menyengat membuat binatang ini tidak kuat menahan baunya yang sangat menusuk hidung. Cara pengusirannya adalah dengan meletakkannya di tempat yang biasa dilalui tikus dan kapur barus juga bisa membunuh hewan tersebut jika sampai menyentuhnya atau memakannya.

4. Suara Ultrasonik

Ada sebuah alat elektronik yang mengeluarkan gelombang suara ultrasonik sekitar 20 kHz dan suara ini akan terdengar nyaring di telinga tikus namun tidak akan terdengar manusia. Jangkauan gelombang suaranya bisa sampai jarak 200 meter sehingga cukup untuk mengusir hewan ini menjauh dari rumah. Alat ini bisa didapatkan pada toko-toko elektronik dan tentu saja sebagai sarana pengusir yang lebih efektif dan tidak menyakitinya.

5. Cengkeh

Ternyata cengkeh yang memiliki bau harum bagi manusia sangat dibenci tikus karena tidak tahan dengan aromanya yang menyengat terus menerus. Jika ingin mengusir hewan ini ada beberapa cara, membeli cengkeh dan diletakkan di sekitar rumah. Selain itu, bisa juga membeli bubuk cengkeh dan ditaburkan pada area yang sering dilalui tikus, maka hewan ini akan semakin linglung jika mencium aroma khasnya. Cara lainnya dengan membeli minyak cengkeh dan menyiramkannya di lingkungan rumah.

6. Bubuk Lada

Tikus memang tidak suka dengan aroma yang menyengat, salah satu kelemahannya adalah bubuk lada. Bubuk ini akan menyebabkan hidung tikus akan merasa terganggu. Tentu saja tikus akan segera menghindari aroma lada yang bisa menyebabkan batuk. Akhirnya secara perlahan hewan ini akan pergi dari rumah.

7. Mengkudu

Aroma buah mengkudu memang sangat menyesakkan dada manusia dan hal ini juga akan membuat tikus merasa kelimpungan jika mencium bau buah yang satu ini. Apabila menggunakan buah mengkudu, maka seisi rumah juga akan mencium aroma yang dahsyat dan bisa digunakan sebagai cara yang ampuh untuk mengusir tikus.

One Comment

Post Comment