Cara Mengobati Sakit Gigi
Kesehatan

Cara Mengobati Sakit Gigi

Ada pepatah lama yang menyatakan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, pepatah ini benar adanya. Karena saat kita sakit gigi otomatis akan membuat sakit kepala, nyeri gusi, mood yang memburuk, selera makan berkurang dan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Tentunya sakit gigi tidak dapat dianggap remeh oleh kita mengingat banyaknya dampak yang merugikan diri sendiri.  Banyak faktor dan penyebab yang dapat memunculkan sakit gigi diantaranya gigi berlubang, gigi yang akan tumbuh pada anak-anak, cara menyikat gigi anda yang salah, jarang menyikat gigi, alat menyikat gigi yang salah, terlalu sering memakan makanan manis, karies gigi atau yang biasa dikenal dengan infeksi gigi. Maka dari itu saya akan memberikan tips bagaimana cara mengobati sakit gigi secara alami.

  1. Menggunakan Garam

Garam sudah lama dipakai para orangtua untuk mengobati sakit gigi pada anak-anaknya, bahan dapur yang satu ini memang sangatlah ampuh untuk meredakan rasa sakit secara cepat. Garam mempunyai zat yodium yang tinggi yang dapat membasmi bakteri, selain itu ia juga memiliki antiseptik yang dapat menjaga bau mulut anda secara alami. Untuk menggunakan garam sebagai obat anda hanya perlu memasukan 2sdt garam kedalam botol yang berisi air hangat dan aduklah hingga larut. Gunakan air ini sebagai obat kumur secara rutin ketika anda selesai menggosok gigi.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi yang saat ini kamu derita. Jeruk yang berwarna kuning dan hijau ini memilikizat yang efektif untuk membasmi bakteri yang ada pada mulut. Untuk menggunakannya sebagai obat sakit gigi anda dapat memeras buah jeruk nipis dan capurkan perasan air jeruk ini dengan segelas air hangat.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mempunyai rasa asam yang bersifat membunuh bakteri di sela-sela gigi anda. Belimbing yang mempunyai ukuran mini ini dapat anda manfaatkan untuk mengobati sakit gigi dengan menumbuk buah belimbing dan oles  perlahan pada gigi anda yang sakit.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ mulut. Daun jambu ini memiliki zat anti bakteri yang berguna mencegah sakit gigi. Anda dapat merebus daun jambu ini dengan mencampurkan segelas air hangat dan gunakan air itu untuk berkumur.

  1. Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal khasiatnya sejak zaman nenek moyang kita terdahulu. Daun ini memiliki manfaat untuk menguatkan gigi, menghilangkan bau mulut serta dapat digunakan sebagai antiseptik alami. Anda dapat menggunakan daun ini dengan cara mengkunyah langsung atau merebus daun sirih lalu gunakan air rebusan itu untuk berkumur-kumur.

Sekian tips dari saya, untuk anda yang memiliki masalah sakit gigi dapat menggunakan bahan herbal yang sudah saya sebutkan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Post Comment