Cara Menggunakan Google Keyword Planner
Blog

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Google keyword planner merupakan perangkat gratis yang sering digunakan para blogger untuk melakukan riset kunci. Kehadiran Google keyword planner ini menurut saya sangatlah memudahkan para internet markerter untuk melakukan riset kata kunci yang diinginkan oleh para pengguna atau publisher. Dengan menggunakan Google keyword maka anda dapat mengetahui jumlah pencarian bulanan sebuah kata kunci.

Riset kata ini sangat penting sebab jika anda melakukan pencarian atau riset ini ibaratnya anda menjual produk dan harus tahu barang apa saja yang laku di pasaran saat ini agar produk anda laku. Sebab dengan melakukan riset ini anda akan tahu betapa pentingnya keberadaan Google keyword planner untuk artikel kita.Namun sayangnya perangkat yang satu ini tidaklah ramah untuk blogger pemula yang akan menggunakannya.

Untuk anda yang pemula dan tidak ingin terjerumus dalam halaman iklan  Google maka saya sarankan untuk mengikuti langkah – langkah di bawah ini dengan benar.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner :

  1. Kunjungilah Google Keyword Planner Buka laman (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)
  2. Kemudian anda dapat sign in dan masukan alamat serta password Gmail yang anda miliki.
  3. Anda dapat melihat laman Google Adwords yang bertuliskan Welcome to Google  Adwords. Di sanalah nanti anda dapat mengklik Skip the guided setup. Ingat jangan menekan tombol cotinue karena natinya anda akan masuk dalam laman pembuatan kampanye iklan Adwords.
  4. Nanti akan ada halaman yang muncul, ketika itu masukan ulang alamat Gmail anda. Negara , mata uang opsional dan juga zona waktu. Setelah selesai klik saja tombol save and continue.
  5. Klik saja tulisan tools dan pilih keyword planner.
  6. Klik Get search volume data dan trends yang ada.
  7. Ketiklah kata kunci yang ingin anda cek volume pencariannya untuk artikel. Anda juga dapat memilih lebih dari satu dalam sekali cek. Di bagian negara pilihlah Indonesia dan lanjutkan klik Get search volume.
  8. Lihatlah hasil yang muncul
  9. Untuk cek kata kunci jenis yang lain maka ketik saja kata kunci yang anda inginkan di dalam kotak enter keywords dan klik get search volume.
  • Catatan Penting

Hasil yang natinya ditampilkan oleh Google Keyword Planner  ini merupakan volume statistik keyword exact match atau kata kunci yang saat ini persis di ketik oleh para pengguna Google. Kadang anda dapat melihat jika kata kunci yang sudah kita pilih tidak begita banyak digunakan atau dicari oleh para pengguna Google. Maka dengan itu kita dapat memodifikasinya sedikit kata kunci yang ada dengan keyword dari daftar kata kuci yang ada di Google Keyword Planner yang anda buka tadi.

Hasil yang nantinya ditampilkan pun merupakan volume pencarian kata kunci yang digunakan oleh semua pengguna melalui perangkat laptop, mobile dan juga komputer ) maka anda dapat mengubah tampilan atau pilihan yang ada ke dalam mode search volume trend menjadi breakdown device atau pilihan yang lain.

Demikanlah tips singkat yang saya berikan tentang cara menggunakan Google Keyword Planner yang dapat anda gunakan sebagai panduan mencari riset kata. Namun riset kunci ini bukanlah sebauh jaminan jika blog atau website anda memiliki posisi SERP Google, namun hal ini merupakan langkah terbaik daripada anda memilih membuang waktu untuk memilih keywords sembarang yang jarang atau bahkan tidak pernah di ketik oleh pengguna Google.

Post Comment