Cara Mengecat Rumah Kita Sendiri
Keterampilan

Cara Mengecat Rumah Kita Sendiri

Mengecat rumah baru atau mengganti cat yang lama memang pekerjaan mudah dan bisa dilakukan siapa saja karena tidak memerlukan keahlian khusus. Pekerjaan ini juga tidak terlalu berat dan bisa dilakukan dengan santai karena untuk kebutuhan pribadi sehingga lebih rileks dalam mengerjakannya.

Manfaat yang diperoleh dengan mengecat sendiri diantaranya, hasil pengecatan bisa sesuai dengan selera. Selain itu, mengecat rumah sendiri juga bisa dijadikan sebagai sarana olahraga agar tubuh tetap sehat, meskipun tangan akan sedikit pegal.

Persiapan Mengecat Rumah Kita Sendiri

Pertama-tama persiapkan dahulu segala peralatannya yaitu, cat, kuas besar dan kecil atau menggunakan roller, kertas koran, air, lakban, masker, topi, amplas, ember, tangga segitiga, sapu dan lainnya. Selanjutnya bersihkan dahulu media yang akan dicat dengan sapu atau kain untuk menghilangkan kotoran yang ada di tembok. Apabila kondisi dinding sangat kotor, maka bisa dibersihkan dengan kain basah yang dicampur dengan deterjen ataupun cairan pembersih.

Kemudian tunggu sampai kondisi tembok benar-benar sudah kering dan pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel. Setelah itu, haluskan dengan amplas agar kondisi tembok yang akan dicat bisa rata sehingga cairan cat bisa merekat kuat dan tidak cepat terkelupas. Amplas yang digunakan juga bukan sembarangan dan memilih jenis amplas grade 100-200. Kemudian bersihkan sisa-sisa amplas yang menempel dengan menggunakan sapu atau kain bersih yang kering.

Selanjutnya tuangkan cairan cat ke dalam ember kosong dan diaduk-aduk agar kondisi cat merata dengan larutan pengencer. Jika masih terlalu kental bisa ditambahi dengan air dan lem cat secukupnya dengan takaran sekitar 10% agar tidak terlalu encer. Kondisi cat yang kental akan sulit mendapatkan hasil yang rata, sedangkan cat yang encer tidak akan kuat melekat dan mudah terkelupas.

Letakkan kertas koran dibawah dinding yang akan dicat agar cat yang menetes tidak melekat pada lantai. Tutup semua media yang tidak akan dicat seperti pintu, jendela, stop kontak serta lainnya dengan kertas koran, plastik dan dibalut dengan lakban.

Teknik Melakukan Pengecatan

Untuk bisa menghasilkan warna yang baik, bisa melakukan pengecatan warna dasar terlebih dahulu. Namun ada juga cat khusus untuk mengecat rumah yang bisa langsung digunakan tanpa harus dilapisi cat dasar. Walaupun untuk mengecat sendiri, namun untuk menghasilkan kualitas pengecatan yang bagus sebaiknya menggunakan kuas atau roller yang baru beli agar cat bisa lebih merata.

Jika kondisi rumah baru selesai dibangun, maka memerlukan waktu sekitar 15 sampai 30 hari agar kondisi tembok benar-benar kering dan tidak lembab. Kondisi tembok yang lembab akan membuat cat sulit untuk melekat dengan kuat dan permukaan dinding akan menghasilkan bercak-bercak serta menggelembung.

Cara Pengecatan Menggunakan Kuas

Proses pengecatan menggunakan kuas, hasilnya akan bagus dan lebih merata terutama di tempat yang rendah sehingga mudah dijangkau. Cara mengecat dengan kuas yang baik adalah gerakan satu arah horisontal dari atas ke bawah atau sebaliknya dan diulang 3 sampai 5 kali hingga rata. Teknik agar lebih merata yaitu untuk menghindari pengecatan dengan cara menyambung karena hasil sambungan akan lebih tebal.

Cara Pengecatan Menggunakan Roller

Roler memang lebih mudah digunakan untuk menjangkau tempat yang tinggi sehingga tidak memerlukan tangga dan proses pengecatan lebih cepat selesai. Teknik pengecatan menggunakan roler juga dengan cara melakukan gerakan horisontal atau atas bawah. Pertama-tama, menempelkan roler yang telah dilumuri cat dengan membentuk huruf V dan selanjutnya meratakan dengan cara berulang kali naik turun sampai kondisinya sudah benar-benar rata agar hasil mengecat rumah lebih indah.

Post Comment