Cara Membangun Relasi Bisnis Yang Komunikatif Dan Berkualitas
Bisnis

Cara Membangun Relasi Bisnis Yang Komunikatif Dan Berkualitas

Di era globalisasi ini mencari pekerjaan bukanlah suatu perkara yang mudah karena jumlah tenaga kerja yang sangat banyak tidak di imbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang memadai. Maka dari itu tidak heran apabila sekarang ini lebih banyak orang memilih untuk mendirikan bisnis atau usaha sendiri dari pada bekerja dengan orang lain. perlu kalian tahu bahwa membangun bisnispun bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan.

Banyak juga orang yang yang membangun bisnis dengan harapan sukses tetapi mereka malah mengalami kerugian.  Karena ketika kita hendak membangun suatu bisnis yang kita butuhkan bukan hanya sekedar modal usaha dan produk saja melainkan beberapa hal lain seperti tekad yang kuat, ilmu berbisnis, dan yang paling penting adalah relasi. Karena tanpa relasi maka bisnis kita tidak akan bisa berjalan lancar.

Pentingnya Relasi Bisnis

mungkin banyak dari kalian yang belum begitu paham mengenai kata relasi dalam bisnis. Perlu kalian ketahui bahwa relasi bisa diartikan sebagai hubungan atau dalam bisnis biasa di sebut dengan relasi bisnis atau networking merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan agar bisnis yang kita jalankan bisa sukses dan berjalan lancar. Dalam suatu bisnis relasi atau networking ini angat diperlukan karena seperti yang kalian tahu bahwa dalam hidup kita membutuhkan bantuan orang lain begitu juga dalam hal bisnis.

Kalian pasti tahu bahwa manusia merupakan makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri dan pastinya membutuhkan bantuan orang lain untuk menjalankan pekerjaannya. Hal tersebut juga berlaku dalam suatu bisnis tanpa ada relasi bisnis yang solid maka dapat dipastikan bahwa bisnis yang kalian jalankan tidak akan mungkin bisa berkembang.

Relasi bisnis merupakan salah satu langkah awal menuju kesuksesan dari bisnis yang kita jalankan. Membentuk jaringan bisnis ini akan sangat penting untuk dilakukan biasanya para pengusaha membangun relasi bisnis dengan cara melakukan suatu pertemuan bisnis dengan melibatkan para pengusaha lain. dari situ mereka akan berkenalan dan menceritakan mengenai bisnis yang dijalankan dan apakah mereka bisa saling bekerja sama.

Ketika kalian memiliki relasi bisnis  yang luas dan juga solid ketika kalian memiliki suatu produk maka relasi bisnis kalian tersebut bisa kalian jadikan sebagai target pemasaran dari produk yang kalian hasilkan. Maka dari itu memiliki hubungan baik dengan mitra bisnis  atau relasi bisnis merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis yang harus selalu kalian jaga.

Tips Membangun Relasi Bisnis Berkualitas

Sebagai salah satu jalan menuju kesuksesan dari sebuah usaha yang kita jalankan. Membangun relasi menjadi hal terpenting dalam suatu bisnis dimana seperti yang telah disampaikan diawal bahwa kunci sukses dari sebuah bisnis yang dijalankan adalah dengan memiliki relasi bisnis yang solid. Karena tanpa adanya relasi maka bisnis yang kalian jalankan tidak akan bisa berkembang dan hanya diam ditempat.

Maka dari itu apabila kalian ingin bisnis yang kalian jalankan bisa berkembang dan semakin besar. Maka jangan pernah berhenti untuk selalu memperluas relasi bisnis yang kalian bangun. Karena hal tersebut akan sangat berdampak positif pada bisnis yang kaliana bangun. Namun terkadang banyak orang yang belum begitu paham mengenai bagaimana cara membangun relasi bisnis agar bisnis kita bisa berkembang.

Maka dari itu bagi kalian yang sekarang ini sedang memulai mendirikan sebuah usaha. Maka berikut ini akan saya  berikan beberapa tips atau cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk menambah relasi agar relasi kalian terus meluas.

  1. Mencari relasi

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin memiliki relasi bisnis yang luas adalah mencari relasi. Karena tanpa kalian cari terkadang relasi tidak akan datang dengan sendirinya. Kalian bisa mencari relasi dengan cara mengikuti suatu event  bisnis, seminar bisnis dan bahkan kalian bisa mencari relasi di warung kopi. Satu hal penting yang harus di garis bawahi adalah kalian bisa mencari relasi bisnis dimanapun.

  1. Membangun relasi di dunia maya

Seperti yang kalian tahu bahwa sekarang ini media social merupakan salah satu wadah atau tempat kalian bisa membangun relasi bisnis. Karena sekarang ini misalkan facebook dan whatsapp disana terdapat banyak sekali grop atau komunitas usaha yang bisa kalian ikuti misalkan komunitas penjual telur puyuh dan masih banyak lagi.

selain media social tersebut kalian juga bisa membangun relasi di media lain seperti Instagram. Di Instagram kalian bisa membangun relasi dengan cara memasarkan produk yang kalian miliki. Karena sekarang ini Instagram merupakan salah satu media social yang banyak di minati oleh anak muda.

  1. Membangun rasa saling percaya

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membangun sikap saling percaya. Ketika kalian sudah memiliki suatu relasi bisnis dan kalian ingin relasi yang kalian miliki terus meluas. maka langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah menjaga rasa  kepercayaan dari mitra bisnis. Karena dengan adanya sikap saling percaya tersebut maka mitra bisnis anda tidak akan mencurigai usaha yang anda miliki dan bahkan usaha anda akan diperkenalkan ke mitra bisnis lainnya.

  1. Membangun relasi yang berkualitas dan komunikatif

Ketika kalian membangun sebuah relasi maka kalian harus membangun relasi yang komunikatif. Maksdunya disini adalah ketika kalian sudah memiliki suatu relasi maka kalian harus terus berhubungan dengan relasi bisnis kalian tersebut jangan sampai kalian loss contact. Selain itu kalian juga harus membangun komunikasi yang berkualitas maksudnya ketika memilih relasi maka kalian harus memilih orang yang memang memiliki bisnis yang sesuai dengan yang sedang kalian jalankan.

  1. Ada hubungan simbiosis mutualsime

Ketika membangun suatu relasi maka harus kalian pastikan bahwa hubungan relasi bisnis kalian tersebut saling menguntungkan dan tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Karena dengan adanya simbiosis mutualisme tersebut maka relasi bisnis yang kalian akan solid dan juga tahan lama.

  1. Mengetahui kebutuhan bisnis

Agar relasi yang kalian bangun bisa berjalan lancar maka satu hal penting yang harus kalian ketahui adalah mengetahui kebutuhan dari relasi bisnis anda. karena dengan adanya sikap saling mengetahui kebutuhan dari rekan bisnis anda maka akan membuat relasi bisnis yang dibangun bisa menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Menghindari sikap tidak enak

Ketika kalian membangun sebuah relasi usahakana untuk menghilangkan rasa tidak enak pada mitra bisnis kalian. karena perlu kalian tahu bahwa dalam suatu relasi kenyamanan itu merupakan point pentin gyang harus selalu dijaga. Dengan adanya rasa tidak enak maka akan menurunkan kualitas dari relasi yang kalian bangun. Jika ada suatu masalah yang mungkin kurang berkenan di antara kedua belah pihak maka ada baiknya apabila dibicarakan dengan baik baik.

Demikian itu tadi beberapa tips dan juga cara membangun relasi bisnis yang ampuh yang bisa kalian coba. Dengan membangun relasi bisnis yang berkualitas maka dapat dipastikan bahwa bisnis yang kalian jalankan bisa berkembang dengan pesat. Semoga semua informasi tadi bisa menambah pengetahuan dan juga wawasan kalian semua terutama bagi para entrepeneur muda.

Post Comment