Cara Memanfaatkan Daun Kersen untuk Kesehatan dan Kecantikan
Kesehatan

Cara Memanfaatkan Daun Kersen untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun kersen merupakan daun yang berasal dari pohon kersen yang memiliki nama latin Muntingia Calabura L. buah kersen berwarna merah jika sudah matang dan berbentuk bulat dengan ukuran sebesar kelereng. Di Indonesia, buah kersen memiliki banyak sebutan mulai dari ceri, dan beberapa negara di dunia menganggap kersen sebagai Singapore cherry, Panama berry dan Jamaican cherry.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa selain buah, daun kersen juga memiliki se gudang manfaat. Biasanya masyarakat yang tidak mengetahui justru akan mengabaikan keberadaan kersen dan bahkan dianggap sampah. Banyak gangguan kesehatan dan kecantikan yang bisa di sembuhkan oleh zat yang terdapat dalam daun yang memiliki ciri pinggiran daun yang bergerigi tersebut.

Kandungan Daun Kersen

Beberapa penelitian dan riset mengungkapkan bahwa kersen memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang variatif mulai dari Vitamin C, Fosfor, Flavonoid, anti-inflamasi, anti-septik, anti-kanker dan tumor, polifenol, kafein, alkaloid, saponin, tanin, protein, karbohidrat, kalsium, lemak tak jenuh, dan zat besi. Tentu saja semua zat tersebut berperan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

Manfaat Daun Kersen

1. Pencegah kulit menua sebelum waktunya

Vitamin C yang tinggi pada daun kersen berguna dalam menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang. Selain itu, vitamin C juga akan membantu memelihara kesehatan kulit sehingga kulit akan terbebas dari pengaruh radiasi buruk ataupun bakteri yang menyebar dilingkugan dan sewaktu-waktu dapatmenyerang kulit.

2. Mengobati jerawat

Anti-bakteri pada daun kersen berguna sebagai zat yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan lainnya seperti vitamin C yang tinggi juga dipercaya mampu menyembuhkan jerawat sehingga jerawat akan cepat mengempis dan kering. Menggunakan kersen juga tidak akan menyebabkan bekas yang parah pada jerawat bahkan dapat mencegah jerawat tumbuh lagi.

3. Menghilangkan kulit kerut

Kulit mengkerut disebabkan oleh efek radiasi bebas yang berlebihan dan paparan polusi pada kulit. Radiasi bebas tidak bisa di deteksi langsung oleh kulit karena efeknya pun terjadi secara bertahap. Untuk melindungi kulit dari pengaruh radiasi bebas yang sangat beragam di lingkungan, dianjurkan untuk mengguankan daun kersen yang kaya akan anti-oksidan aktif.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Zat anti-kanker dan tumor yang terkandung dalam lembaran daun kersen tersebut mampu menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker dalam tubuh yang disebabkan oleh radiasi buruk lingkungan dan cara hidup yang tidak sehat. Sel kanker biasanya tidak menunjukkan gejala dini. Oleh sebab itu diperlukan suatu zat yang merangsang supaya sel kanker dan tumor tersebut dapat dicegah.

5. Anti-Bakteri

Tubuh kita tidak bisa terlepas dari serangan bakteri baik yang tersebar melalui pernapasan atau bakteri yang hidup dalam tubuh manusia. Zat anti bakteri pada daun kersen dapat dijadikan alternatif sebagai obat alami yang mampu membunuh bakteri yang hidup dalam tubuh manusia. Beragam bakteri dalam tubuh menyebabkan sebagai komplikasi penyakit ringan hingga penyakit berat.

Cara Memanfaatkan Daun Kersen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Untuk kesehatan sendiri kersen dapat dimanfaatkan dengan cara merebus daun kersen tanpa menambahkan bahan lainnya biasanya campuran bahan lain seperti obat kimia akan bereaksi menjadi racun. Gunakan bahan verbal sebagai perasa. Bisa juga mengolah kersen menjadi teh atau serbukan dengan cara menjemur atau sangrai.cara lainnya yakni mengolah daun kersen menjadi jus.

Untuk kecantikan dan perawatan luar, dengan cara meremas, menumbuk, atau menghaluskan daun kersen yang segar kemudian tempelkan pada bekas luka, luka, jerawat maupun kulit lainnya yang ingin disembuhkan. Khusus kulit wajah, sebaiknya gunakan pada malam hari agar lebih optimal. Dianjurkan menggunakan kersen yang sudah tua karena mengandung lebih banyak nutrisi.

Post Comment