Cara Lengkap Mendaftar dan Verifikasi Website/Blog Ke Google Webmaster
Blog Tekno

Cara Lengkap Mendaftar dan Verifikasi Website/Blog Ke Google Webmaster

Sebelum admin carasmart akan membahas Cara mendaftar website/Blogspot ke Google Webmaster Tools, admin menyampaikan terlebih dahulu kenapa harus mendaftarkan website/blog kita ke google webmaster tool. Dengan menggunakan google webmaster tools, artikel yang baru kita publish bisa di index lebih cepat jika kita mendaftarkan website kita ke google webmaster tools.

Keuntungan mendaftarkan website ke webmaster tools, kita bisa memantau performa situs website kita jika suatu hari ditemukan kesalahan atau error yang terjadi pada website kita. Dan jika ada kesalahan pada website akan muncul error dan sebaiknya kita secepat mungkin memperbaiki kesalahan atau erorr agar website kita akan tetap aman tanpa dan terlihat bagus di mata search engine google. Itu hanya beberapa keuntungan kenapa harus mendaftar website/ blogspot kita ke Google Webmaster Tools. Sebenarnya masih banyak keunggulan atau manfaat google webmaster tools lainnya. Agar tidak banyak panjang lebar berikut langkah cara mendaftar website ke Google Webmaster Tools.

Cara Mendaftar Website Ke Google Webmaster Tools

1. Siapkan Akun Gmail

Untuk mendaftar google webmaster tools ialah dengan memiliki akun gmail. Jika sudah mempunyai silahkan login akun gmail anda

2. Kunjungi Situs Google Webmaster www.google.com/webmasters

Masuk ke situs google webmaster dengan menggunakan akun gmail yang sudah ada

3. Add Site / Tambahkan Properti

Setelah muncul halaman pertama google webmaster tools, isikan nama website pada kotak yang telah disediakan, sebaiknya isi dengan copy paste agar tidak terjadi kesalahan, Selanjutnya klik add a site.

4. Verifikasi Site

Untuk selanjutnya adalah proses verifikasi, proses verifikasi Site bertujuan agar yang mendaftar adalah benar – benar anda adalah pemilik situs, berikut cara verifikasi situs/website Google Webmaster Tools:

A. Cara Verifikasi Google Webmaster Tools Pada Blogspot

1. Ada 3 pilihan dalam memverifikasi, admin sarankan pilih metode alternatif terus pilih Tag HTML lalu copy yang berisikan <meta name=”google-site-verification”…. >.

2. Masuk ke blogspot Kalian lalu masuk ke Theme Edit HTML

3. Pada halaman kode HTML, cari kode <head> yang letaknya berada di baris bagian atas. Pastekan kode <meta name=”google-site-verification” ….> di bawah kode <head>. Lalu klik tombol Save theme lalu masuk lagi ke Google Webmaster Tools lalu klik verifikasi

B. Cara Verifikasi Google Webmaster Tools WordPress

Untuk cara verifikasi Google webmaster Tools Pada Wordpess sebenarnya bisa dilakukan dengan plugin plugin All in one seo pack Atau yoast Seo, disini admin melalukan dengan cara manual.

1. Ada 3 pilihan dalam memverifikasi, admin sarankan pilih metode alternatif terus pilih Tag HTML lalu copy yang berisikan <meta name=”google-site-verification”…. >.

2. Masuk ke WordPress Kalian lalu masuk ke Theme Edit HTML lalu klik menu Appearance trus masuk ke Editor dan cari file header.php dan pastekan code tersebut di bawah code tag <head> jika sudah klik “Update File” baru kembali lagi ke Google webmaster Tools untuk verifikasi bagian akhir.

Mungkin itu saja yang admin bisa sampaikan tentang Cara Lengkap Mendaftar dan Verifikasi Website/Blog Ke Google Webmaster, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat.

Post Comment