Cara Atasi Aplikasi Android Sering Macet
Android

Cara Atasi Aplikasi Android Sering Macet

Kehadiran smartphone bersistem Android merupakan barang multifungsi dalam mendukung aktifitas telekomunikasi. Perangkat telekomunikasi smartphone berbasis Android sering menghadirkan kekaguman dengan banyaknya aplikasi yang tertanam di dalam perangakat itu, serta adanya fitur-fitur canggih sebagai pendukung perangkat.

Smartphone seperti yang kita kenal memiliki system apik dengan pengoperasiannya di dukung oleh banyak komponen. Apabila kemudian perangkat phonsel ini mengalami kemacetan pada salah satu aplikasi maka kita sebagai penggunanya harus segera membetulkan.

Kemacetan aplikasi bisa di sebabkan oleh banyak factor, salah satunya ialah sesaknya ruang penyimpanan data internal ataupun eksternal sehingga aplikasi terssebut mengalami hang. Jika sebuah aplikasi sudah mengalami hang seperti itu maka segera kita harus membenarkannya, misalnya dengasn menghapus beberapa aplikaqsi lain yang tidak terpakai.

Kemacetan aplikasi pada hp Android tidak semata-mata di sebabkan oleh sesaknya ram data file, akan tetapi bisa di akibatkan oleh soaknya aplikasi itu sendiri. Sebagai contoh aplikasi yang mengalami kerusakan adalah mempunyai ciri sebagai berikut;

  1. Lambat di dalam loading. Lambatnya loading sebiah aplikasi juga bukan di sebabkan oleh jaringan internet yang lemot, tapi bisa juga di karenakan telah rusaknya aplikasi itu, dan atau memang hp kita yang sedang mengalami gangguan sehingga berat untuk membuka aplikasi yang di maksud.
  2. Susah membuka diri ke halaman utama dan seterusnya. Sebuah aplikasi yang mengalami kendala seperti itu berarti harus di reinstall/install ulang ataupun menghapus aplikasi bersangkutan dan menggantinya dengan aplikasi serupa yang baru.

Sebagai pengguna smartphone yang sering membuka dan menggunakan aplikasi tentunya kita tidak ingin kalau mendapat hambatan pada pelengkap menu hp tersebut, dengan demikian pastinya rasa jengkel atau uring-uringan akan kita alami. Jika sudah begitu biasanya hp akan di diamkan, di bawa ke konter bengkel hp, atau bahkan di lempar di atas meja.

Kekesalan seperti itu tak seharusnya terjadi, sebab ada cara mudah untuk menyembuhkan aplikasi yang sering berhenti sendiri ataupun tersendat-sendat, berikut cara lain untuk mengatasi aplikasi Android yang sering macet.

  1. Mereboot Android dengan benar

Cara sederhana mengatasi aplikasi yang sering berhenti sendiri adalah dengan reboot smartphone. Cara reboot Android ini merupakan hal termudah yang bisa kita lakukan sendiri. Dengan reboot tersebut maka dapat mengurangi kelebihan memorib pada RAM hp. Jika reboot telah di lakukan ddan berhasil maka hp akan kembali fresh, sehingga dalam menjalankan banyak aplikasi bisa berjalan dengan lancer dan ringan.

2. Menghentikan aplikasi secara paksa

Aplikasi harus di hentikan secara pakasa bila file tersebut banyak mengalami hambatan ataui susah berjalan. Sering macetnya aplikasi di hp kita bisa mengakibatkan kurang maksimalnya mesin hp dalam mengooerasikan aplikasi-aplikasi yang lain, bahkan bnanti bisa terjadi hang. Hal yang harus di lakukan adalah dengan menghentikan aplikasi secara paksa supaya menu hp tersebut tidak berjalan di belakang layar terlalu lama dan menghabiskaan banyak kuota data.

3. Segera update aplikasi Android segera

Bila terjadi kemacetan pada aplikasi seperti yang kita alami dengan kerusakan parah, maka segeralah untuk update aplikasi yang sama. Dengan mengganti aplikasi baru maka kemacetan yang sama tidak akan terjadi, kecuali memang ada masalah serius pada hp maupun ruang memori yang penuh sehingga aplikasi barat untuk berjalan.

4. Segera hapus data aplikasi Android

Jika dengan pembaharuan aplikasi yang sudah di lakukan tidak ada pengaruh signifikan, maka aplikasi tersebut juga mengalami kerusakan dan satu-satunya jalan terbaik ialah dengan membersihkan data aplikasi terlebih dulu.

Penghapusan data aplikasi tersebut bisa berpengaruh pada data login, basis data, serta cache aplikasi sehingga benar-benar bersih dari tembolok riwayat pemakaian aplikasi.

5. Update system operasi Android secara teratur

Cara terakhir yang dapat di lakaukan dalam menanggulangi macetnya aplikasi ialah dengan update system operasi Android secara teratur. Dengan update system operasi Android secara teratur maka perangkat phonsel kita dapat terjaga dengan baik dan awet untuk dalam penggunaan.

Post Comment