Cara Agar Bisa Cepat Hamil Lagi
Kesehatan

Cara Agar Bisa Cepat Hamil Lagi

Apakah Anda sudah punya momongan tetapi ingin nambah lagi? Atau Anda baru saja keguguran dan ingin segera hamil lagi? Kalau begitu, pastikan dahulu bahwa fisik Anda sudah siap untuk mengandung calon bayi, kemudian, bacalah referensi mengenai cara agar bisa cepat hamil lagi seperti berikut ini.

5 Cara Agar Bisa Cepat Hamil

1. Hindari Stress

Menghindari stress adalah salah satu upaya yang bisa Anda lakukan supaya bisa lekas hamil. Stress memang merupakan masalah mental, tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa faktor mental ini bisa menghambat kehamilan. Hal ini terjadi karena stress itu sendiri bisa mengganggu kemampuan ovum atau sel telur sehingga tidak bisa berovulasi dengan baik.

Selain itu, stress juga bisa mengganggu kemampuan sperma untuk membuahi sel telur. Makanya supaya Anda bisa lekas hamil lagi, usahakan sebisa mungkin untuk tidak stress. Gantilah pikiran-pikiran negatif tersebut dengan berbagai pikiran positif sehingga Anda tidak merasa terbebani.

2. Hindari Olahraga Berlebih

Jika Anda sangat suka berolahraga cobalah mengurangi frekuensi olahraga tersebut. Kenapa begitu? Karena sudah banyak studi yang dilakukan dan hasil akhirnya berupa anjuran bagi wanita yang ingin hamil, hendaknya membatasi frekuensi olahraganya supaya tidak berlebihan.

Ada juga pernyataan lain yang mengungkapkan bahwa wanita yang sering berolahraga berlebihan, kesuburannya bisa rusak. Dikatakan berlebihan disini adalah apabila yang bersangkutan melakukan olahraga 3x lebih banyak dari para wanita yang berolahraga secara normal.

Adapun olahraga yang dianjurkan bagi wanita yang ingin segera hamil adalah melakukan jalan cepat, kira-kira selama 30 menit dalam sehari. Sedangkan untuk satu minggu bisa 3x atau 4x.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Cara yang selanjutnya adalah menjaga berat badan ideal. Mengapa ini berkaitan dengan kehamilan? Karena ada penelitian yang menyimpulkan bahwa wanita yang mengalami kelebihan berat badan ternyata sulit untuk hamil.

Berat badan ideal yang banyak dianjurkan oleh dokter adalah tidak terlalu gemuk pun juga tidak terlalu kurus. Jika badan Anda termasuk kategori gemuk, maka disarankan Anda melakukan diet sehat. Tetapi jika badan Anda terkategori kurus, sebaiknya konsumsi nutrisi yang mampu meningkatkan berat badan Anda.

Berat badan memang bukan penentu Anda bisa hamil atau tidak, karena ada banyak faktor yang turut berpengaruh terhadap suksesnya program kehamilan ini. Tetapi, setidaknya, dengan memiliki berat badan yang ideal, peluang Anda untuk segera hamil bisa lebih besar.

4. Mengkonsumsi Asam Folat

Setiap pasangan yang ingin segera memiliki momongan, baik itu suami maupun istri disarankan untuk mengkonsumsi asam folat. Bagi istri, asam folat bisa membantu menguatkan sel telur sehingga bisa berovulasi dengan baik, yang akhirnya bisa mencapai tuba falopi lalu dibuahi oleh sperma.

Sedangkan bagi suami, asam folat ini bisa membantu meningkatkan jumlah sekaligus kualitas sperma sehingga bisa mencapai tuba falopi lalu membuahi sel telur.

Jadi, supaya istri bisa cepat hamil, rutinkan saja mengkonsumsi asam folat ini. Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan asam folat seperti stroberi, tauge, kacang polong, asparagus, kacang hijau, bit merah, bayam, brokoli, melin, pepaya, pisang, jagung, jeruk dan alpukat.

5. Cari Tahu Masa Subur

Mengetahui masa subur merupakan salah satu cara agar bisa hamil lagi yang efektif. Mengapa? karena ovulasi hanya akan terjadi saat masa subur ini. Ovulasi adalah proses dimana sel telur dilepaskan untuk menuju ke tuba falopi agar dibuahi oleh sperma. Dengan mengetahui masa subur ini, Anda bisa menggunakannya untuk mengatur waktu bercinta sehingga peluang untuk hamil bisa lebih besar.

Post Comment