Cara Agar Bisa Berenang
Gaya Hidup

Cara Agar Bisa Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang banyak manfaatnya, terutama untuk pembentukan badan, kesehatan jantung serta kesehatan pernafasan. Pun demikian, masih banyak juga orang yang belum bisa melakukan olahraga yang satu ini dengan baik. Apakah Anda juga seperti itu?

Jika iya, sebaiknya Anda mulai belajar berenang dari saat ini juga supaya Anda bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari olahraga yang satu ini. Dan sebagai langkah awalnya, Anda bisa membaca berbagai referensi tentang cara agar bisa berenang seperti yang ada di bawah ini:

5 Cara Agar Bisa Berenang dengan Mudah

1. Mulai dari Kolam yang Dangkal Terlebih Dahulu

Karena Anda masih dalam tahap belajar, sebaiknya Anda mulai dari kolam yang dangkal terlebih dahulu. Tidak perlu gengsi, karena untuk bisa berenang Anda butuh yang namanya ‘pembiasaan’. Masuk saja ke dalam kolam renang tersebut, lalu mulai biasakan diri Anda di dalam air.

Bawa diri Anda untuk berjalan di dalam air, berendam lalu gunakan untuk memperkirakan seberapa mudah Anda mengapung. Jika Anda sudah selesai dengan tahap ini, selanjutnya adalah mulai biasakan diri Anda di kolam yang agak dalam kira-kira sebahu. Jangan takut dan lakukan seperti apa yang Anda lakukan di kolam dangkal tadi.

2. Latihan Bernafas dalam Air

Setelah Anda mulai terbiasa dengan kolam dan air, selanjutnya adalah berpeganganlah pada tepian kolam, lalu tarik napas dalam-dalam kemudian benamkan kepala Anda ke dalam air. Hembuskan napas Anda secara perlahan-lahan hingga menghasilkan gelembung-gelembung kecil.

Jika napas Anda sudah hampir habis, berdiri, ambil nafas lagi lalu benamkan kembali wajah Anda. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai Anda merasa terbiasa. Jika Anda sudah terbiasa, cobalah lakukan tanpa berpegangan pada pinggir kolam.

3. Belajarlah untuk Mengapung

Jika Anda sudah selesai dengan latihan bernafas di dalam air, selanjutnya Anda perlu belajar mengapung. Anda bisa melakukannya dengan cara berpegangan lagi pada tepian kolam, mulai ambil nafas lalu angkatlah kaki Anda. Anda bisa melakukan hal ini sambil bersandar pada dinding kolam.

Jangan tegang, biarkan badan Anda mengapung dengan sendirinya. Terus lakukan hal ini sampai Anda bisa mengapungkan badan setidaknya 10 detik. Setelah Anda berhasil mengapung dengan posisi telentang, Anda harus belajar mengapung dengan posisi telungkup.Caranya sama, berpegangalah pada tepian kolam, ambil nafas lalu benamkan wajah Anda ke dalam air. Gunakan kaki untuk menendang-nendang air. Ingat, jangan tegang. Terus lakukan hal ini hingga Anda berhasil mengapungkan badan setidaknya selama 10 detik. Dan jika sudah, cobalah untuk belajar mengapung tanpa berpegangan pada tepian kolam.

4. Gunakan Pelampung

Anda sudah bisa mengapung? Selanjutnya adalah manfaatkan papan pelampung atau pelampung sponge panjang, lalu gunakan untuk berenang satu kali lintasan saja.

Caranya adalah posisikan pelampung tadi di depan Anda, lalu buat supaya lengan bisa tegak lurus. Setelah itu, dorong badan Anda supaya menjauh dari dinding kolam (bisa dengan menjejakkan kaki). Luruskan kaki Anda setelahnya dan coba untuk menendang air dengan cara berselang seling. Untuk bernafas, putarkan saja kepala Anda ke samping.

5. Mulai Lepaskan Pelampung

Jika Anda sudah terbiasa dengan poin sebelumnya, maka yang selanjutnya adalah coba untuk melepaskan salah satu tangan Anda dari pelampung. Anda bisa menggunakan tangan yang bebas tersebut untuk mendayung maju seperti yang dilakukan oleh perenang. Lakukan hal ini secara bergantian pada tangan yang satunya ya.

Bila Anda sudah terbiasa dengan satu tangan seperti itu, sekarang cobalah untuk berenang tanpa bantuan pelampung. Gunakan tangan Anda untuk mendayung dan kaki Anda untuk menendang. Berenang memang tidak mudah, tetapi jika Anda adalah tipe yang tidak gampang menyerah, cara agar bisa berenang sesederhana ini pasti akan berhasil.

Post Comment