Cara Agar Bisa Bangun Pagi
Gaya Hidup

Cara Agar Bisa Bangun Pagi

Apakah komitmen Anda untuk bangun pagi masih belum terwujud? Jangan galau, karena ada banyak orang yang mengalami hal serupa. Namun, itu bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja loh ya, karena ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan bila bangun pagi, diantaranya adalah memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan aktifitas untuk sepanjang hari.

Salah satu cara yang efektif dan cukup membantu banyak orang untuk bangun pagi adalah dengan mengaktifkan alarm. Tetapi, jika cara ini tidak berhasil pada Anda, Anda bisa mencoba cara agar bisa bangun pagi lain yang tertera di bawah ini:

6 Cara Agar Bisa Bangun Pagi

1. Awali dengan Niat

Niat bangun pagi adalah sesuatu yang harus Anda tekadkan sebelum tidur. Mengapa? Karena niat inilah yang nantinya akan menjadi motivasi bagi Anda, sehingga begitu Anda membuka mata, Anda tidak akan lengket lagi dengan kasur.

2. Tidurlah Lebih Awal

Anda sudah berniat? Kalau begitu yang selanjutnya adalah tidur lebih awal. Dengan begini, tubuh Anda tidak akan merasa kecapaian sehingga Anda juga tidak akan merasa loyo untuk bangun lebih awal.

Kalaupun Anda masih memiliki tanggungan yang belum selesai pada malam harinya, tangguhkan saja dulu, Anda bisa melanjutkan penyelesaian tugas tersebut setelah Anda bangun keesokan harinya.

Memang, tidak akan ada yang menyalahkan Anda jika Anda memutuskan untuk begadang atau menjadi makhluk nokturnal sekalipun, tetapi, kembali lagi pada poin yang pertama tadi, bukankah Anda sudah berniat untuk bangun pagi?

3. Jangan Makan Malam Berlebihan

Bukan hanya orang diet saja yang dianjurkan untuk tidak makan malam secara berlebihan, tetapi semua orang juga. Mengapa? Karena makan malam berlebih bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak sekaligus juga bisa membuat Anda merasa lebih lelah sehingga malas untuk bangun.

Hal ini dikarenakan ketika Anda dalam kondisi kekenyangan, oksigen yang Anda asup akan berkurang sekitar 20% hingga 40%. Akibatnya, Anda akan mengalami pernafasan berat yang biasa diistilahkan dengan hiperventilasi. Hiperventilasi ini akan membuat energi Anda terkuras habis. Alhasil, Anda pun akan kesulitan untuk bangun pagi.

4. Jangan Berlama-Lama di Kasur

Anda sudah bisa mendengar suara alarm atau adzan subuh? Oke, sebaiknya Anda langsung bangun atau duduk terlebih dahulu juga bisa sambil menunggu penglihatan Anda jelas sepenuhnya.

Hindari terus berbaring begitu Anda membuka mata, karena ini akan membuat Anda mengantuk lagi. Jangan pula langsung mengecek smartphone, membaca pesan yang baru masuk atau melihat notifikasi media sosial, karena ini juga bisa membuat mata Anda ‘redup’ kembali.

5. Tidur dengan Miring ke Kanan

Umat muslim tahu bahwasanya Rasulullah SAW sudah mencontohkan posisi tidur yang baik, yaitu dengan miring ke kanan. Ternyata, tidur dengan posisi seperti ini juga bisa membantu Anda supaya bisa bangun pagi lebih mudah loh.

Tidur dengan posisi miring ke kanan akan membuat jantung Anda berada di atas, dengan begini beban jantung bisa berkurang sehingga tidur Anda tidak akan terlalu nyenyak dan Anda tidak akan merasa berat meninggalkan kasur saat pagi sudah tiba.

6. Rumuskan Berbagai Strategi untuk Bangun Pagi

Cara agar bisa bangun pagi yang selanjutnya adalah dengan merumuskan bebagai strategi untuk bangun pagi. Misalnya, begitu bangun langsung merapikan tempat tidur sehingga Anda merasa sayang untuk menidurinya lagi, karena takut berantakan.

Atau bisa juga sebelum Anda tidur, siapkan air bersih dalam baskom, lalu gunakan air tersebut untuk mengusap wajah Anda ketika Anda bangun. Dengan begini kan mau tidak mau mata Anda akan tetap melek.

Post Comment