Cara Agar Berhenti Merokok
Gaya Hidup Kesehatan

Cara Agar Berhenti Merokok

Rokok benda berbahaya bagi kesehatan tubuh namun masih banyak yang mau menyesapnya. Merokok seakan- akan menjadi candu tersendiri bagi penggunanya. Bahkan pemerintah atau aktivis kesehatan gencar melakukan peringatan merokok dengan menempelkan stiker-stiker “dilarang merokok” yang di tempel di tempat umum. Di Indonesia tingkat pengguna rokok sangatlah tinggi, bahkan sejak usia muda anak-anak mulai belajar merokok dari lingkungan sekitarnya. Hal ini sangat ironis dan menyedihkan terlebih untuk anak muda yang menjadi pecandu rokok. Untuk berhenti merokok juga perlu konsisten mengingat besarnya candu nikotin yang ada pada rokok, hal ini menyebabkan anda ingin menyesapnya setiap waktu. Di bawah ini saya akan memberi tips bagaimana cara berhenti merokok.

  1. Niat yang kuat

Untuk anda yang ingin berhenti merokok anda harus mempunyai niat yang kuat, jangan hanya setengah-setengah. Sama halnya dengan melakukan ibadah yang diawali dengan niat, maka untuk anda yang ingin berhenti merokok juga harus mempunyai niat yang kuat.

  1. Langsung berhenti total

Jangan samakan niat anda berhenti merokok dengan mencicil kredit panci. Niatnya berhenti merokok namun masih menyesapnya setiap hari dengan mengurangi jumlah batang rokok dari rata-rata anda menyesapnya setiap hari. Nah cara ini kurang efektif, untuk berhenti merokok anda harusnya pada hari itu jangan merokok dan tahan diri untuk tidak mengambil sebatang rokokpun. Tahan dan berhenti total maka hasilnya akan lebih efektif.

  1. Ganti  kebiasaan

Pada awalnya anda merokok hanya untuk iseng namun lama-lama berubah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Nah untuk itu saya sarankan anda menggati kebiasaan merokok anda dengan memakan sayuran atau buah, anda juga bisa mkan camilan atau apapun makanan yang anda sukai.

  1. Rajin olahraga

Ketika anda serius berhenti merokok anda dapat berolahraga secara rutin, karena saat anda aktif berolahraga maka tubuh akan menghasilkan bahan kimia secara alami. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres anda.

  1. Hindari alkohol

Studi luar negri menyatakan bahwa kaitan antara rokok dan alkohol sangatlah kuat. Maka dari itu hindarilah alkohol ketika anda berhenti merokok.

  1. Jangan pernah mencobanya kembali

Ketika anda behasil berhenti merokok dalam beberapa minggu bahkan bulan tandanya hal ini bisa dikatakan anda sukses menjalankan misi. Maka jangan pernah mencoba menyesap rokok kembali ingatlah bagaimana dahulu anda yang berawal dari coba-coba berubah menjadi pecandu. Dan ingat kembali bagaimana perjuanganmu saat mencoba berhenti merokok dengan susah payah.

Nah sekian tips yang saya berikan semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba berhenti merokok, terapkan tips ini dan jalankan secara konsisten maka anda akan berhasil. Jangan menyerah untuk berhenti merokok ingat tujuan dan niat utamamu.

Post Comment