Cara Agar Berat Badan Naik
Kesehatan

Cara Agar Berat Badan Naik

Dari sekian banyak orang yang bermasalah dengan berat badan berlebih, ada beberapa diantaranya yang bermasalah dengan berat badan yang justru kurang dari ideal. Dan dibandingkan dengan orang-orang yang berusaha menurunkan berat badan, menaikkan berat badan untuk orang-orang tertentu ini justru lebih sulit.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan seseorang memiliki berat badan rendah, seperti genetika, aktifitas fisik yang terlalu tinggi, penyakit, obat-obatan dan masalah psikologis. Terlepas dari berbagai penyebab tersebut, menaikkan berat badan bukanlah sesuatu hal yang mustahil jika Anda tahu caranya. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai cara agar berat badan naik yang bisa Anda coba, siapa tahu berhasil.

7 Cara Agar Berat Badan Naik

1. Menambahkan Kalori yang Sehat

Anda tidak perlu merubah pola makan yang biasanya, Anda hanya perlu meningkatkan asupan kalorinya saja. Penambahan asupan kalori ini bisa Anda lakukan dengan cara menambahkan kacang-kacangan ekstra, alpukat, susu full cream, telur atau bisa juga gandum utuh.

2. Pilih Makanan yang Padat Gizi

Junk food sepertinya efektif membuat seseorang lebih gemuk ya, tetapi cara ini sangat tidak disarankan dalam upaya menaikkan berat badan secara sehat. Sebaiknya Anda fokuskan pada makanan yang padat gizi saja seperti keju, ayam tanpa kulit, daging sapi yang rendah lemak serta sumber karbohidrat yang rendah glikemik.

3. Makan dengan Teratur

Sedang berusaha menaikkan berat badan tidak berarti harus makan setiap waktu. Anda harus makan dengan teratur sesuai dengan waktunya, paling tidak dalam rentang waktu 3 jam hingga 5 jam sekali. Jadi, jangan biarkan perut Anda kosong lebih dari waktu tersebut.

Usahakan pula supaya Anda makan ketika Anda membutuhkannya, tetapi jangan biarkan perut Anda merasa lapar terlebih dahulu. Jika Anda melanggar hal ini, maka tubuh Anda akan mengambil energi dari lemak Anda sebagai bekal untuk melakukan aktifitas. Kalau hal ini sampai terjadi, kenaikan berat badan yang Anda inginkan tidak akan kesampaian.

4. Pilih Camilan yang Sehat

Karena dalam rangka menaikkan berat badan, camilan ini sama sekali tidak dilarang untuk Anda konsumsi. Hanya saja syaratnya adalah pilih camilan yang sehat yang mengandung banyak nutrisi, misalnya buah segar atau buah kering.

5. Makan sebelum Tidur

Jika pada orang yang diet makan sebelum tidur adalah sesuatu yang dilarang, maka pada orang yang sedang berusaha menaikkan berat badan justru ini adalah sesuatu yang cukup baik untuk dilakukan.

Tetapi, jangan sembarangan mengkonsumsi makanan sebelum tidur ya. Pilihlah makanan sehat dalam porsi yang cukup juga. Untuk ini, Anda bisa memilih salad sayur, salad buah atau kacang-kacangan juga bisa.

6. Kombinasikan 3 Jenis Makanan Sekaligus

Cara agar berat badan naik selanjutnya adalah mengkombinasikan 3 jenis makanan sekaligus saat makan. Makanan yang lebih bervariasi seperti ini cenderung lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Contoh kombinasi yang bisa Anda terapkan adalah karbohidrat, serat dan protein.

7. Makanan yang Berbentuk Cairan

Jika Anda pernah menjumpai susu diet di toko, swalayan ataupun yang lainnya, Anda juga bisa mengkonsumsi itu loh. Jadi, susu diet ini memang dimaksudkan untuk mengganti makanan bagi orang yang sedang diet.

Tetapi bagi Anda yang sedang dalam program menaikkan berat badan juga bisa mengkonsumsi susu ini dengan cara menjadikannya sebagai selingan diantara jam makan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan begini, gizi dan kalori yang Anda asup bisa bertambah. Selain susu, Anda juga bisa mengkonsumsi smoothie atau jus. Tapi, jangan tambahkan gula ataupun lemak tinggi ke dalamnya ya.

Post Comment