Cara Agar Baterai Hp Lambat Habis
Android

Cara Agar Baterai Hp Lambat Habis

Bagi orang-orang yang kesehariannya sangat lekat dengan hp, masalah baterai cepat habis memang merupakan masalah yang menyebalkan. Apalagi jika hp tersebut diperlukan untuk bermain game atau melakukan sesuatu yang sifatnya darurat lainnya, pastilah ini akan merusak mood. Jangan terlalu galau apabila baterai hp Anda mengalami hal yang seperti itu. Jangan juga berpikiran untuk mengganti dengan baterai yang baru, karena siapa tahu cara agar baterai hp lambat habis di bawah ini bisa menjadi solusinya.

7 Kiat Cara Agar Baterai Hp Lambat Habis

1. Gunakan Launcher yang Ringan

Hp memang akan tampak lebih menarik jika Anda menggunakan launcher yang keren, apalagi jika ditambah dengan live wallpaper. Tetapi Anda harus tahu, bahwa launcher yang semacam ini justru menghabiskan cukup banyak daya baterai.

Belum lagi launcher dengan kategori tersebut menghabiskan kapasitas memori dan RAM yang cukup banyak pula, alhasil selain baterai cepat habis, hp juga bisa lebih lemot. Solusinya adalah selektif dalam memilih launcher. Gunakan launcher yang ringan dan tampilannya minimalis saja supaya baterai, RAM serta memori bisa lebih hemat.

2. Matikan Notifikasi

Notifikasi juga bisa menjadi penyebab baterai hp lekas habis, karena notifikasi ini sifatnya bekerja secara terus menerus. Maka dari itu, sebaiknya Anda matikan saja notifikasi-notifikasi yang tidak penting untuk Anda. Caranya adalah, buka setting atau pengaturan, kemudian pilih aplikasi atau application, setelah itu pilih aplikasi apa saja yang hendak Anda matikan notifikasinya itu.

3. Gunakan GPS Seperlunya

Ketika Anda membutuhkan GPS, silahkan Anda aktifkan. Tetapi, jika Anda tidak membutuhkannya, sebaiknya matikan saja. Memang, GPS yang aktif akan sangat membantu proses pelacakan ketika hp Anda hilang atau dicuri, tetapi mau tidak mau harus diakui bahwa GPS yang diaktifkan juga bisa menghabiskan banyak daya baterai.

4. Minimalisir Widget di Home Screen

Widget memang memberikan kemudahan pada kita untuk memantau sesuatu dengan cepat, misalnya jam, kalender, cuaca atau yang lain sebagainya. Tetapi ini juga cukup berperan dalam menghabiskan daya baterai loh. Jadi, bila memang widget yang ada di home screen Anda tidak terlalu penting, sebaiknya Anda hapus saja.

5. Minimalisir Cahaya Layar

Perlu Anda pahami bahwa semakin terang layar hp Anda, maka akan semakin banyak pula daya baterai yang digunakan, apalagi jika layar Anda adalah layar yang Quad HD atau Full HD. Jika permasalahannya seperti ini, maka solusinya adalah, rubahlah mode kecerahan layar ini menjadi level yang terendah.

Tetapi ini opsional ya tergantung pada kondisi Anda saja. Tingkat kecerahan mana yang membuat penglihatan Anda lebih nyaman, itulah yang sebaiknya Anda gunakan.

6. Hentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Belakang

Bisa jadi aplikasi yang sedang berjalan di belakang juga menjadi penyebab baterai hp lekas habis. Dari sekian aplikasi yang Anda install di hp, ada beberapa diantaranya yang dengan diam-diam berjalan sekalipun Anda tidak membuka atau menjalankan aplikasi tersebut.

Makanya sangat disarankan supaya Anda tidak menginstall terlalu banyak aplikasi, karena selain bisa memenuhi RAM dan memori, potensi aplikasi yang sedang berjalan ini juga bisa menguras daya baterai walaupun spesifikasi hp Anda sudah mencapai level teratas.

7. Jangan Tempatkan Hp di Tempat yang Suhunya Tinggi

Beberapa solusi di atas adalah solusi untuk faktor internal. Namun, ada juga faktor eksternal yang bisa membuat baterai lekas habis, salah satunya adalah suhu yang tinggi. Solusi atas penyebab yang satu ini sudah jelas, yaitu jangan menempatkan hp Anda di tempat yang panas.

Meskipun cara agar baterai hp lambat habis yang satu ini tampak tidak penting, tetapi Anda bisa mencobanya untuk membuktikan keampuhannya.

Post Comment