Cara Agar Balita Cepat Tidur Saat Malam Hari
Gaya Hidup Kesehatan

Cara Agar Balita Cepat Tidur Saat Malam Hari

Mungkin para orang tua pernah mengalami susahnya anak balita tidur saat malam hari, Bingung itulah sebagian orang tua jika anaknya belum tidur saat hari sudah malam, apalagi anda sebagai orangtua mempunyai aktifitas yang harus dikerjakan besok pagi atau bisa dibilang rutinitas, mungkin ada baiknya anda coba tips bagaimana Cara Agar Bayi atau Balita Cepat Tidur Saat Malam Hari :

1. Waktu Ideal Tidur Anak Mulai Dari 1 Tahun Sampai 12 Tahun

  • Bayi  di bawah 1tahun waktu tidur kurang lebih 15 jam dalam 1 hari, Mulai dari tidur siang, sore maupun malam karena bayi tidurnya tidak beraturan, ada kalanya kalau sedang disuapin tidur.
  • Balita 1- 3 tahun waktu tidur 10-12 jam dalam 1 hari bisa anda bisa mengatur kapan waktu balita tersebut diharuskan tidur, mungkin lebih ke malam hari untuk menidurkan balita
  • Usia 4-6 tahun tidur 10-12 jam dalam 1 hari untuk usia 4-6 tahun anda harus siap untuk mengatur supaya anak bisa tidur saat malam, dan di bangunkan saat pagi, karena tahun tersebut dimulainya proses pembelajaran anak untuk masuk sekolah TK.
  • Usia sekolah 7-12 jam dalam 1 hari, kadang anak dengan umur segitu sangat susah untuk diajak tidur, tapi usahakan jangan memarahi anak untuk cepat cepat tidur, anda bisa berbicara dengan halus agar anak tersebut mau menuruti kata anda untuk tidur.

2. Penuhi kebutuhan anak seperlunya. Saat anak anda terbangun di malam hari, hindari untuk memenuhi atau menyetujui permintaannya. Saat ia mengajak Anda bermain dan Anda menyetujuinya, anak akan terbiasa dan terus menerus mengulanginya. Supaya dia memahami bahwa hari sudah malam, dan menandakan untuk tidur. Beda lagi urusannya kalau anak ingin buang air kecil maupun ingin minum anda harus sesegera membangunkan anak, agar saat selesai anda bisa menyuruhnya tidur kembali

3. Suasana yang nyaman pasti akan membuat anak balita tidur dengan pulas, jadi pastika suhu udara tidak terlalu panas dan dingin.dan usahakan baju yang dipakai nyaman untuk anak anda.

4. Kadang jika anak susah tidur anda harus meninabobokan, itu jika anak anda masih balita, bagaiman dengan anak yang diatas 5 tahun, tentunya harus sudah bisa mandiri untuk tidur disaat malam sudah datang, cara agar anak tidur disaat malam hari dengan cara mengetahui apa keinginan atau yang biasa dilakukan anak anda saat mau tidur, apakah punya benda kesayangan yang selalu disayangi dan dibawa kemana mana? coba dekatkan benda kesayangan tersebut mungkin saja bisa membuat anak anda nyaman dan tidur kembali.

5. Sebelum waktunya tidur anda siapkan suasana yang bisa membuat anak anda nyaman seperti mendongengkan buku, atau bisa mendampingi anak supaca cepat tidur, Hal yang wajib anda perlu ketahui adalah hindari anak tidur didepan tv, karena akan menjadi kebiasaan yang buruk.

6. Tetapkan waktu tidur yang konsisten dan sama setiap harinya. Misalnya, pukul 20.00. Setelah anak sudah terbiasa dengan waktu tidur yang Anda tetapkan, hindari merusaknya! Jangan ajak ia ke acara pada saat jam tidur. Tanpa disadari itu akan membuat anak sulit untuk tidur malam.

7. Ingatkan anak menjelang waktu tidur. ingatkan juga kalau besok harus bangun pagi, tawarkan ia pilihan, “Kamu mau tidur berapa menit lagi?

8. Setelah makan malam, hindari aktivitas yang membuat anak aktif, hindari kegiatan berlari, melompat atau kegiatan besar lainnya, kalau melakukan gerakan seperti itu tubuh yang harusnya istirahat menjadi bekerja lagi, dan akan membuat susah tidur.

9. Ciptakan suasana yang mendukung kenyamanan tidur anak, misalnya bagi anak yang tidak suka gelap, lengkapi kamar tidurnya dengan lampu tidur yang redup, diletakkan di samping tempat tidurnya. Juga persiapkan selimut dengan gambar gambar kesayangan si kecil.

Post Comment