Cara Agar Badan Tinggi
Kesehatan

Cara Agar Badan Tinggi

Aku pengen tambah tinggi, tapi gimana caranya? Udah sering renang tapi tinggi badan aku segini-gini aja! Masih banyak keluhan lainnya seputar tinggi badan yang kerap memicu rasa gemas sekaligus kesal. Banyak diantara kita memang dianugerahi tinggi tubuh semampai alias setinggi tak sampai. Biasanya hal tersebut dikarenakan faktor keturunan atau genetik yang memang tidak terlalu tinggi. Tak ayal kondisinya memicu seseorang mencoba berbagai cara agar badan tinggi secara instan.

Diluaran sana, ada begitu banyak seller yang menawarkan tubuh tinggi tanpa harus usaha keras. Cukup mengkonsumsi satu jenis produk, dijamin tubuh anda akan bertambah tinggi dalam sekejap. Faktanya ini hanya promosi manis di awal, sebab tak banyak fakta yang membuktikan. Secara ilmiah, tinggi badan memang dapat bertambah dengan berbagai cara alami, seperti:

6 Tips Cara Agar Badan Tinggi

1. Mengkonsumsi makanan tertentu

Tinggi badan terhambat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya asupan gizi. Mereka yang memperhatikan asupan gizi ke dalam tubuh umumnya bisa menaikkan tinggi badan secara alami. Pasalnya ada jenis makanan yang diketahui memang mampu meninggikan badan, seperti ikan, telur, serta kedelai. Telur misalnya, mengandung kalsium dan vitamin D yang baik bagi pertumbuhan tulang. Sedangkan ikan salmon diketahui kaya akan protein dan mineral yang baik pula untuk meninggikan badan.

2. Posisi tidur yang tepat

Memang posisi tidur bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang? Pertanyaan menarik. Pada saat tidur, tulang mengalami peregangan dan pertumbuhan yang lebih signifikan. Di malam hari, kita bisa mendapati tubuh bertambah sekitar 2 cm dari sebelumnya. Sayangnya banyak dari kita yang tidur dengan posisi tidak benar, sehingga memperhambat pertumbuhan itu sendiri. Jurnal kesehatan menyebutkan, tidur tanpa bantal bisa memicu pertumbuhan tinggi badan lebih optimal tanpa harus menggunakan cara instan.

3. Postur tubuh yang benar

Poin ini paling banyak dilupakan atau diacuhkan oleh kita yang ingin tubuhnya lebih tinggi. Anda tentu sering melihat orang berjalan dengan postur tubuh yang salah, entah itu sedikit membungkuk atau benar-benar bungkuk. Postur tubuh yang salah akan mempengaruhi peregangan pada area tulang belakang yang berpengaruh tinggi badan. Begitu pula saat anda duduk dan tengah melakukan aktivitas lainnya, pastikan anda tetap berdiri tegak.

4. Minum susu teratur

Kebiasaan minum susu harus ditanamkan sejak dini, agar saat dewasa tetap dilakukan secara rutin. Susu mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi, dimana kandungan tersebut bagus bagi pertumbuhan tulang. Mengkonsumsi susu di usia kanak-kanak akan membantu mengoptimalkan tinggi badan saat memasuki usia remaja. Sementara itu, orang dewasa yang rajin minum susu berkemungkinan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis dini.

5. Peregangan atau stretching

Stretching tidak hanya dilakukan sebelum olahraga, tetapi sesudah olahraga juga perlu. Anda perlu melemaskan otot-otot yang kaku dan mengembalikan peredaran darah tetap normal. Fungsi lain dari stretching sendiri adalah merangsang pertumbuhan tulang lebih optimal. Menerapkan stretching sesaat setelah bangun tidur selama seminggu diyakini dapat menambah tinggi badan. Asal gerakan stretching dilakukan dengan urutan yang benar, yakni seluruh anggota tubuh atas diikuti bagian bawah.

6. Yoga

Olahraga yang mulai populer di kalangan artis ini nyatanya adalah salah satu cara agar badan tinggi. Gerakan pada yoga dimaksudkan untuk meregangkan semua tulang dalam tubuh pada batas maksimal. Tubuh dipaksa secara sehat untuk mengoptimalkan setiap pertumbuhannya, termasuk tulang. Itulah mengapa para yogi umumnya merasakan pertambahan tinggi badan setelah melakukan yoga rutin.

Post Comment