Cara Agar Awet Muda
Kecantikan

Cara Agar Awet Muda

Siapa yang tak ingin terlihat awet muda dan segar bugar selalu? Semua orang tentu memiliki hasrat yang sama soal tampilan, khususnya para wanita. Wanita cenderung aktif mencari cara agar awet muda untuk menyenangkan pasangan atau dirinya sendiri. Tampilan yang selalu cantik dan bugar mampu meningkatkan rasa percaya diri secara tidak langsung. Meskipun masih banyak wanita yang mengingkarinya, tetapi tak jarang merasa iri pula melihat wanita yang terlihat awet muda.

Belajar dari masyarakat Jepang yang dikenal dengan hidup sehatnya, mereka juga diketahui berumur panjang. Resep rahasia awet muda mereka ternyata tidak sulit, bahkan bisa dicontoh oleh masyarakat Indonesia pula. Dibawah ini ada beberapa pantangan serta gaya hidup sehat yang dilakukan masyarakat Jepang, seperti:

6 Cara Agar Awet Muda

1. Menggunakan tabir surya

Bukan hanya orang dewasa, anak-anakpun ternyata butuh krim tabir surya untuk melindungi kulit mereka. Terlebih beberapa waktu terakhir, dimana efek global warming dapat dirasakan secara langsung pada kulit. Paparan sinar matahari, terutama UVA dan UVB dapat memicu pembentukan flek atau noda hitam pada kulit wajah. Hal ini tentu saja membuat penampilan sedikit “kusam” dan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

2. Bersihkan muka 2 kali sehari

Waktu yang tepat untuk membersihkan muka adalah usai bangun tidur dan saat beranjak tidur. Dua waktu ini membantu kulit anda mengurangi produksi minyak berlebih serta mengangkat kotoran membandel. Tak bisa dipungkiri memang, aktivitas diluar ruangan kerap memicu polusi dan kotoran menempel pada kulit wajah. Agar tak bercokol dan memicu tumbuhnya jerawat, rajinlah membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang sesuai kondisi kulit.

3. Istirahat yang cukup

Orang Jepang terkenal disiplin dalam mengatur kehidupannya, termasuk waktu tidur. Mereka membuat jadwal tidur rutin untuk mengistirahatkan tubuh usai beraktivitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup ternyata berpengaruh pada kondisi kesehatan dan kulit wajah. Kulit yang mendapat istirahat cukup cenderung lebih sehat dan terlihat lebih kenyal, jauh dari kusam maupun masalah kulit lainnya.

4. Konsumsi teh hijau

Rahasia satu ini rasanya sudah dikenal secara turun-temurun, sayangnya masih banyak orang yang tak percaya. Masyarakat Cina bahkan mencontoh kebiasaan minum teh orang Jepang di sore hari. Teh disinyalir kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan, terutama kulit wajah. Antioksidan mampu menghadang radikal bebas yang berasal dari polusi maupun kotoran. Selain itu, teh hijau juga memberi efek tubuh lebih bugar dan terlihat jauh lebih muda dari usia aslinya.

5. Hindari stres

Stres selalu menjadi masalah masyarakat urban di perkotaan. Pekerjaan yang menumpuk, deadline yang semakin dekat, atau masalah keluarga menjadi pemicu utama stres. Tingkat stres masyarakat juga diketahui kian hari kian tinggi, sehingga membuat banyak orang frustasi. Agar tak berujung pada hal-hal negatif, sebaiknya alihkan stres anda pada hal positif. Misalnya saja berjalan-jalan santai, melakukan hobi yang disenangi atau sekedar berkumpul dengan teman.

6. Berhenti merokok

Anda mungkin kerap melihat perokok yang tetap cantik dan ganteng di kesehariannya. Tapi tak ada satu orangpun yang tahu bagaimana kondisi kesehatan si perokok sebenarnya. Banyak ahli sependapat bahwa merokok bukan hanya menghambat cara agar awet muda, namun lebih dari itu. Bisa saja saat ini seseorang tetap tampil maksimal dan aktif beraktivitas dengan kebiasaan merokok. Bertahun-tahun kemudian dikhawatirkan orang tersebut terjangkit kanker paru-paru atau infeksi.

Post Comment