Cara Agar Anak Cepat Gemuk Sehat Tanpa Tambahan Obat
Kesehatan

Cara Agar Anak Cepat Gemuk Sehat Tanpa Tambahan Obat

Ibu mana yang tak ingin melihat anaknya tumbuh sehat dan aktif? Semua ibu tentu menginginkan anak yang bisa tumbuh aktif dan sehat di masa-masa emasnya. Sayangnya tak semua ibu memang berhasil menstimulasi serta mendukung pertumbuhan anak semaksimal mungkin. Ada begitu banyak faktor yang membuat cara agar anak cepat gemuk sehat terhambat. Salah satunya tentu saja GTM atau gerakan tutup mulut yang berujung pada mogok makan.

Aksi ini kerap ditunjukkan oleh buah hati di masa tumbuh kembang, khususnya di 3 tahun pertama. Anak masa belajar mengenal rasa dan tekstur makanan, menemukan apa yang disukai dan tidak disukainya. Para ibu harus kreatif mengolah makanan untuk memicu nafsu makan buah hati. Selain itu, ada beberapa cara yang diyakini mampu membantu anak tumbuh sehat dan gemuk, yakni:

Inilah 4 Cara Agar Anak Cepat Gemuk Sehat Tanpa Tambahan Obat

1. Gizi seimbang

Seringkali ibu mengesampingkan asupan gizi yang seimbang bagi buah hati. Asal anak mau makan, entah itu junk food atau makanan cepat saji, ibu selalu membiarkannya. Alasannya sederhana, biar anak tak merasakan lapar dan perutnya terisi. Padahal tak sesederhana itu untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal. Anda harus memilah dan memilih sumber asupan gizi yang dirasa benar-benar seimbang, artinya memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna.

Anak yang kebutuhan gizinya seimbang, biasanya ditandai dengan berat badan yang ideal. Umumnya anak yang mendapat asupan gizi baik, pertumbuhannya pun akan membaik. Jika hal tersebut terjadi pula pada anak anda, berarti selama ini makanan yang dikonsumsi kurang berkualitas. Bisa jadi anda tak memperhatikan apa saja yang dikonsumsi buah hati setiap harinya.

2. Protein albumin

Masa balita adalah masa-masa yang tidak datang dua kali, para ibu harus menyadarinya benar-benar. Berikan yang terbaik untuk buah hati, supaya anda tak menyesal kemudian. Apalagi harus melihat anak tumbuh sebagai anak kurang gizi, pastinya sangat disayangkan. Untuk meningkatkan berat badan buah hati, pastikan anda memberi asupan protein albumin. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh, terutama anak-anak selama masa tumbuh kembang dan pengobatan.

Standar kebutuhan untuk anak-anak sendiri berkisar antara 3,5 – 4,5 gram/dl. Jika buah hati anda hanya mendapatkan sekitar 2,2 gram/dl, artinya pertumbuhan mereka terhambat. Perkembangan sel-sel di dalam tubuhnya pun terlihat tidak maksimal. Biasanya proses pengobatan saat sakit juga berjalan lebih lama daripada waktu yang seharusnya.

3. Jadwal makan

Mengatur jadwal makan buah hati juga termasuk cara menaikkan berat badan yang baik. Anak yang memiliki waktu makan khusus umumnya lebih mudah mudah mendapatkan berat badan ideal. Ketika perut anak kosong dalam rentang waktu 3 – 4 jam, nafsu makan anak akan turut meningkat. Mereka tak segan-segan makan 6 – 7 kali lebih banyak daripada biasanya, apalagi dengan menu yang disukai dan seimbang.

4. Cacingan

Pemerintah mencanangkan program minum obat cacing 6 bulan sekali atau minimal 1 kali dalam setahun. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat tingginya kasus kurang gizi serta tingginya kegagalan cara agar anak cepat gemuk sehat. Cacingan disinyalir menghambat proses penyerapan nutrisi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil proses metabolisme juga tak berjalan semestinya dan anak kerap terlihat letih dan lesu.

Rajinlah memeriksakan kesehatan buah hati dan beri obat cacing secara rutin. Bila perlu barengi dengan pelarangan mengkonsumsi makanan cepat saji. Anda boleh sesekali memberikannya, tetapi bukan dalam kurun waktu yang panjang. Makanan cepat saji sangat minim kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Post Comment