Cara  Agar  Anak Cepat Bicara dan Lancar
Belajar

Cara  Agar  Anak Cepat Bicara dan Lancar

Anak- anak yang memasuki usia pertumbuhan menjadi hal yang membahagiakan untuk orang tua. Umumunya anak sudah bisa mengeluarkan huruf vokal A,I,U,E,O di usia 6 bulan seiring bertambahnya usia kemampuan berbicaranya akan semakinmeningkat. Untuk bayi yang berusia 12-18 bulan mereka berada di tahap true speech, perkataan mereka sudah memilik arti meskipun terdengar kurang jelas. Namun ada pula kasus dimana anak berusia 2 tahun masih diam dan kurang aktif saat diajak berkomunikasi. Di bawah ini hal yang dapat anda lakukan agar si kecil dapat lancar berbicara secara cepat.

  1. Ajak berinteraksi

Ketika nada melakukan aktifitas bersama si kecil, ajaklah ia berinteraksi bersama anda. Dengan menceritakan apa saja yang ingin anda ceritakan kepadanya. Contohnya menceritakan gambar apa saja yang ada pada bajunya, menyebutkan warna yang belum ia ketahui.

  1. Berbicara secara jelas

Balita kerap kali kesulitan mengerti istilah atau perkataan yang baru ia dengar. Maka saya sarankan ketika anda berbicara dengannya sebaiknya berbicaralah secara jelas. Jangan menggunakan kata-kata bayi yang terdengar cadel hal ini bertujuan untuk menghindari anak akan menirukan kata-kata cadel yang anda ucapkan.

  1. Mengajukan pertanyan

Anda dapat mengajukan pertanyaan sederhana dan terbuka yang dapat ia terima. Contohnya “ Tadi kamu bermain apa saja dengan temanmu di sekolah?” atau bisa juga “Teman-temanmu menyenangkan dan seru bukan?”

  1. Merespon anak

Ketika buah hati anda berbicara tidak jelas segeralah respon ucapan anak, dengan respon anda yang tanggap merupakan awal yang bagus untuk melakukan komunikasi di antara anda dan anak anda.

  1. Ajak si kecil bernyanyi bersama

Anak anda tentunya akan senang dengan lagu yang ceria, anda dapat memutar lagu dan bernyanyi bersama dengan anak anda. Tentunya saya sarankan anda untuk memutar lagu yang mempunyai bahasa ringan dan mudah dimengerti oleh balita. Jika ia tertarik untuk menari sambil bernyanyi anda dapat menari bersama si kecil agar suasana terlihat lebih menyenangkan.

  1. Mengulang cerita

Anda mungkin akan dilanda kebosanan ketika mengulang sebuah cerita yang sama, namun hal ini dapat diterima secara baik oleh anak. Dengan membacakan cerita yang berulang-ulang anak akan mendapatkan perbendaharaan kosa kata yang banyak. Selain itu mereka akan menghapalkan dan mengingat alur cerita yang anda bacakan secara berulang. Hali ini dapat menyeimbangkan otak kanan dan kiri sehingga nantinya mereka akan belajar bagaimana cara menanggapi apa yang telah diceritakan anda.

Nah cara diatas dapat anda praktekan agar anak anda cepat berbicara secara aktif dan lancar, buah hati yang aktif dan sehat merupakan idaman setiap ibu. Namun bagi anda yang memiliki buah hati kurang aktif saya sarankan untuk menggunakan tips yang sudah saya berikan di atas.

Post Comment